Lihat ke Halaman Asli

Pesta Demokrasi

Diperbarui: 20 Februari 2024   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Hari ke enam pasca pesta demokrasi, yang semula  begitu ramai dimedia sosial, televisi, instgram, tiktok, facebook,twiter, yang memberitakan bagaimana berjalannnya pesta demokrasi yang berlangsung di negara kita Indonesia.

 Sungguh sangat luar biasa antusian masnyarakat sebagai warga negara yang baik mengikuti bagaimana paslon presiden mengkampanyekan dirinya, baik lewat media sosial maupun spanduk, iklan yang ada. Bahkan Depat capres dan cawapres selalu di nanti nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Tibalah saatnya pesta demokrasi tiba, Rabu 14 februari 2024 hari pencoblosan pemberian hak suara setiap warga negara yang merupakan bagian dari hak asasi manusia, semua memilih sesuai pilihannya, hati nuraniya. Yang menjadi perhatian utama adalah paslon presiden dan cawapres oleh masyarakat. 

Pada saat itu barulah terpikir bahwa selain memilih presiden dan wakil presiden ada empat kertas yang diberi warna yang harus dipilih oleh setiap orang, sayangnya pada saat pencoblosan hampir setiap orang merasakan bingung atau tidak tahu harus memilih anggota legislatif baik tingkat RI, propinsi, kabupaten dan terakhir DPD. Ini artinya semua hanya terfokus pada capres dan cawapres sehingga  terlupakan untuk sosialisas dengan empat kertas warna yang lainnya, bagaimana cara memilih dan siapa yang akan dipilih. 

Hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah pusat sampai tingkat bawah untuk mensosialisasikan tentang pesta demokrasi, mengenalkan para paslon, cara memilih. 

Berharap hasil pemilu yang akan di umumkan 20 Maret 2024 oleh Mahkamah Konstitusi, adalah hasil dari yang terbaik, dengan proses yang baik, jujur dan adil, sesuai keinginan masyarakat Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline