Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan (Bahasa) dan Masa Depan Budaya Indonesia di Kancah Global

Diperbarui: 21 Maret 2019   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pekan yang lalu, Surat Kabar Harian (SKH) Kompas menyajikan sebuah berita yang menurut saya sangat menarik untuk dibahas, yakni perhelatan Internationale Tourismus-Borse Berlin 2019 di Jerman. Pada acara promosi wisata kelas dunia itu, puluhan bus umum bertulis Wonderful Indonesia disertai berbagai destinasi wisata dan seni Indonesia, berlalu-lalang memenuhi jalan di kota Berlin. Menurut Menteri Pariwisata, Andie Arief, para pelaku industri dari 180 negara di 5 benua, dengan 1.000 top buyers berkualitas, 10.000 peserta, dan 160.000 pengunjung hadir pada acara bergengsi tersebut. Ia menargetkan cara yang ditempuhnya itu akan dapat mencapai transaksi 7 miliar euro tahun ini. Sehingga proyeksi income negara akan naik menjadi 10 triliun dari tahun sebelumnya.[1]

 Setidaknya, ada dua poin penting yang dapat kita ketengahkan dari kabar manis di atas. Pertama, masa depan industri parwisata Indonesia akan semakin berkembang (maju). Sehingga dapat mendongkrak pendapatan masyarakat, daerah, dan termasuk Negara. Kedua, eksistensi budaya nusantara semakin mendapat tempat di kancah gobal. 

Dua hal ini tentu dapat mengangkat martabat bangsa Indonesia di mata dunia. Sehingga patutlah kita sambut dengan antusias. Namun, untuk mencapai poin kedua ini, saya kira tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan promosi wisata ke luar negeri. Artinya, semangat menduniakan budaya Indonesia ini harus pula dibarengi dengan sebuah strategi kebudayaan dari dalam (negeri). Dan ini mutlak memerlukan campur tangan sektor (pemerintahan), terutama sinergi sektor pariwisata dan pendidikan.

 

Bahasa sebagai Strategi

 Menurut data Kementerian Pariwisata, angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terus menerus mengalami peningkatan setiap tahun. Pada tahun 2016 misalnya, jumlah pengunjung yang masuk ke Negara kita mencapai 12.023.971. Angka ini naik pada tahun 2017 menjadi 14.039.799. Laporan terakhir, pada tahun 2018 mencapai 15.806.191 pengunjung.[2]

 Apa arti semua ini bagi kita? Sektor pariwisata, sebagai pintu masuknya para wisman, sebenarnya cukup potensial untuk mengantarai terjadinya transaksi budaya (lokal/nasional-internasional). Saya tidak ingin menyatakan selama ini tidak ada upaya yang mengarah ke sana. Tapi, upaya itu perlu dioptimalisasi. Sebagai contoh, sebagian besar objek-objek wisata di tanah air saat ini masih didominasi dengan (istilah) bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris; mulai dari papan nama lokasi wisata, nama rumah makan, menu masakan, petunjuk arah, hingga buku panduan wisata.

Sebut saja misalnya kata-kata "welcome to...", "...inn", "art shop", "messages and beauty", "...waterfall", dan berberapa kosakata lainnya, bukankah sudah lazim kita temukan di seputar lokasi wisata? Saya bukan berarti anti terhadap bahasa Inggris. Karena memang kita tidak bisa pungkiri peranannya sebagai bahasa internasional saat ini. Lagi pula, jika penggunaan istilah-istilah tersebut ditujukan agar memudahkan para wisman, lalu untuk apa mereka berkunjung jauh-jauh bila suasana yang mereka temukan justru persis seperti di kampung halaman mereka? 

Maka, upaya pengenalan budaya bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana, seperti mereduksi porsi penggunaan Bahasa Inggris di areal destinasi wisata. Bahasa dalam hal ini difungsikan sebagai sebuah strategi kebudayaan. Bukankah bahasa bagian daripada budaya? 

Peran Pendidikan

Ada dua peran sentral pendidikan dalam konteks ini. Pertama, merevitalisai budaya (lokal-nasional). Kita tentu sama-sama mengetahui, bahwa sejak dulu negara kita tidak hanya terkenal akan kekayaan dan keindahan alamnya, tapi ia juga dikenal dengan keragaman dan keunikan budayanya. Sehingga inilah yang menjadi daya tarik para wisman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline