Lihat ke Halaman Asli

Maryam Munadiyah

Universitas Airlangga

Menggabungkan Pendidikan Lokal dan Pendidikan Modern

Diperbarui: 22 Agustus 2024   06:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seiring berjalan dan berkembangnya waktu, banyaknya hal yang berkembang sangat pesat tanpa kita sadari seperti dari Teknologi. Begitu juga dengan Pendidikan yang ada di Indonesia sekarang banyak sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis IT. Namun tak sedikit guru yang mengeluhkan beberapa kemajuan teknologi di jaman sekarang di karenakan masih banyak dari mereka yang kurang tau dan kurang paham bagaimana cara mengoprasikan pembelajaran lewat online. Guru-guru lebih memilih untuk belajar dan menulis lewat buku dan menerangkan secara manual tanpa adanya bantuan teknologi sedikit pun.

Sedangkan perkembangan teknologi ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Karena dengan adanya perkembangan ini, perkerjaan guru tidak terlalu jadi terbebani, seperti menerangkan menggunakan PPT atau melaksanakan ujian harian lewat online dan bisa otomatis langsung mengoreksi jawaban dan mengeluarkan nilai ujian di hari yang sama. Setidaknya, para guru-guru tidak olh mengoreksi manual dan tidak perlu menerangkan sambil menulis banyak di papan tulis karena sebagian sudah diterangkan jelas memalui PPT.

Namun, ada kalanya Pendidikan lokal ini tetap dibutuhkan karena tidak semua hal kitab isa lakukan dengan teknologi karena feel atau vibe yang dirasakan sangat jauh berbeda. Oleh karena itu penggunaan Teknologi dan Pendidikan harus seimbang karena sesuatu yang berlebihan pun akan jadi terasa kurang baik saat sudah terlakukan. Banyak hal positif dan negatif yang dapat kita ambil dari perkembangan kemajuan teknologi ini. Jika memanfaatkan nya dengan baik dan benar maka tidak ada salahnya pembelajaran memakai dan memanfaatkan sedikit dari perkembanga teknologi yang ada. Manfaat yang diperoleh juga cukup banyak dan tidak terlalu merugikan justru membantu peranan besar dalam revolusi penambahan pembelajaran dengan adanya teknologi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline