Lihat ke Halaman Asli

Mie Pedas: Kenapa Konsumen Memilih Mie Gacoan?

Diperbarui: 21 November 2024   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mie Gacoan/ foto: Klise.news

Mie Gacoan merupakan salah satu fenomena kuliner yang viral di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda, dewasa, hingga pekerja  1.  Berdiri sejak awal tahun 2016 yang bermula di Malang, Jawa Timur 2. Didirikan oleh Anton Kurniawan dibawah naungan PT. Pesta Pora Abadi yang bergerak di bidang kuliner dan  terkenal dengan tagline nya sebagai “Mie Pedas No.1 di Indonesia”.  

Mie Gacoan ini menawarkan menu utama nya berupa mie pedas dan dapat disesuaikan dengan selera konsumennya, khususnya pada tingkatan rasa pedas pada mienya. Dan siapa sangka, kini Mie Gacoan telah tersedia 100+ cabang di beberapa kawasan di Indonesia 3. Namun, sebenarnya apa yang membuat konsumen ini membeli Mie Gacoan di gempuran persaingan pasar dengan produk yang serupa? Berikut analisis terkait faktor-faktor keputusan pembelian konsumen Mie Gacoan. 

Factors Affecting Customer Behavior

Factors Affecting Customer Behavior atau faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah elemen-elemen yang mempengaruhi cara konsumen membuat keputusan untuk membeli suatu produk atau layanan. Solomon, M. R. (2018). Consumer behavior : buying, having, and being (Twelfth edition, global edition). Pearson.  Membagi faktor-faktor yang menjadi keputusan pembelian diantaranya adalah: faktor psikologi, faktor sosial, faktor kultural budaya, faktor ekonomi, dan faktor teknik.

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk Mie Gacoan:

 1. Faktor Psikologi

  • Butuh atau Ingin: rasa keingin tahuan  terhadap Mie Gacoan yang viral, hal ini yang membuat orang merasa ingin membeli dan mencobanya.
  • Persepsi: dengan branding "Mie Pedas No.1 di Indonesia" hal ini membuat ketertarikan tersendiri bagi para pecinta mie, khususnya dari pandangan pecinta mie pedas.

2. Faktor Sosial

  • Rekomendasi: dimana kebanyakan orang membeli Mie Gacoan ini karena rekomendasi dari para pelanggan yang sudah memberi review positif terhadap produk tersebut sehingga orang tertarik membelinya karena rekomendasi yang diberikan. contohnya, review  jujur seluruh menu Mie Gacoan oleh Tasyi Athasia  di kanal youtube nya yang sukses ditonton hingga 1,7 juta  kali. 

Tasyi Review Jujur Mie Gacoan Seluruh Menu, Kok Bisa Rame Terus?

Review Tasyi Athasia: youtube Tasyi Athasia

  • Keluarga atau teman: dimana ada pengaruh dari orang-orang terdekat yang mungkin merekomendasikan Mie Gacoan sehingga memutuskan untuk membeli.
  • Tren: Mie Gacoan ini termasuk makanan yang viral di Indonesia, sehingga kebanyakan orang penasaran dan ingin ikut mencoba dari produk Mie Gacoan tersebut sehingga mempengaruhi keputusan pembelian.

3. Faktor Kultur Budaya

  • Kebiasaan: dimana diketahui bahwa mie merupakan salah satu makanan favorit kebanyakan dari masyarakat Indonesia, dan terkadang kebiasaan dalam mengkonsumsi mie tersebut sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi beberapa orang.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline