Lihat ke Halaman Asli

Maryam Jamila

Mahasiswi

Mulai dari yang Sederhana

Diperbarui: 21 Mei 2023   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Strategi bisnis adalah upaya suatu perusahaan dalam mengambil kebijakan untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis. Tujuannya untuk dapat memenuhi dan mencapai visi misi serta target bisnis perusahaan.
Dengan demikian perusahaan mampu menentukan arah tujuan dengan mengidentifikasi masalah dari segi pasar, kompetitor, dan lain sebagainya. Strategi ini membantu berbagai departemen bekerja sama mendukung perusahaan secara menyeluruh.
Strategi bisnis membantu perusahaan untuk mengantisipasi masalah dan menyiasati trend bisnis yang terus berubah. Sehingga rintangan yang menghadang, maupun goals yang ditetapkan dapat terwujud.
Ada pun fungsi-fungsi dari setrategi bisnis:
1. fungdi perencanaan,membanti pebisnis dan semua sumber daya manusia yang ada
2.Menilai kekuatan dan kelemahan,setrategi bisnis berfungsi untuk poin-pain tersebut menjadi acuan untuk menangani sebuah masalah.
3.Efisiensi, untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif.
4.Kontrol,Memberi ruang bagi pimpinan atau pemilik usaha untuk melakukan kontrol atas aktivitas organisasi, sehingga aktivitas tersebut memberikan kontribusi terhadap perusahaan.
5.Menciptakan keunggulan kompetitif,Penerapan strategi bisnis juga membantu perusahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif guna mencapai sebuah tujuan.
Pada hari sabtu tgl 1 mei,pada siang harinya saya pergi bermotor/jalan-jalan dan saya pun berhenti di sebuah taman yang sederhana, karna cuaca yang panas saya pun berteduh,sambil menunggu hari agar tidak terlalu panas untuk melanjutkan perjalan.Saya pun melihat ada seorang pedang es buah rumput laut dan saya meminat untuk membelinya karna cuacanya panas enak sambil duduk-duduk minum  yang segar-segarApa lagi sama orang yang itimewa makin nikmat,dan saya pun mulai ngobrol-ngobrol sama bapak te/pedagang es tersebutSaya pun memulai menayakan nama bapak/ pedagang es buah rumput laut itiDan bapak itu bernama pak edi,dan beliau bukan asli lombok tapi beliau orang jawa timur, beliau merantau ke lombok dari tahun 2006 sampe saat ini dan beliau ( pak edi) mulai bisnis es buah rumput laut ini dari tahun 2005 Sedangkan pak edi mulai bisnisnya di lombok dari tahun 2006 sampe sekarang dan pak edi memilih untuk menjual es buah rumput ini karna di lombok gak ada penjualnya kata pak edi,dan penghasilan pak edi perbulannya bersihnya 3jt dan pak edi bilang ini sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.Pak edi berjualannya tidak menetap/tidak mengunakan toko tetapi pak edi masih menggunakan grobak yang sederhana,dan bapak itu baik sekali kalok kita nambah buahnya kita pun di kasih,malahan kita di tanyak yang mana maunya saking baiknya bapak itu dan kalok kita beli terus kita kurang uangnya tetap kita di kasih oleh bapak itu. Dan bapak itu buka kadang-kadang dari pukul 9.00 kadang pukul 10.00.

By : M. Anam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline