Lihat ke Halaman Asli

Marwinda NadeaFebiolania

Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat

Dampak Curah Hujan Tinggi di Kabupaten Manggarai Barat

Diperbarui: 6 April 2023   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Taukah kamu apa itu curah hujan, serta apa sajakah dampak yang ditimbulkan dari adanya curah hujan? Curah hujan adalah endapan, hujan termasuk kedalam bentuk endapan yang sering dijumpai di Indonesia. 

Curah hujan merupakan salah satu unsur iklim yang begitu penting bagi kehidupan di bumi. Curah hujan dapat menghasilkan sumber daya air dipermukaan bumi, yang mana dari adanya curah hujan tersebut dapat menjadi manfaat untuk manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sumber daya air yang di peroleh dari curah hujan dapat dikelola manusia dalam berbagai macam bidang, mulai dari membuat irigasi pertanian, perikanan, cadangan air, dan kebutuhan energi. 

Namun, tidak hanya manfaat yang didapat dari curah hujan, banyak juga dampak yang ditimbulkan dari kondisi curah hujan. Apabila curah hujan berkurang, maka akan mengakibatkan kekeringan, sedangkan bila intensitas hujan berlebihan, maka akan menyebabkan permukaan tanah menjadi banjir jika tidak mampu lagi menampung air dari intensitas hujan yang terlalu tinggi.

Salah satu wilayah dengan curah hujan yang tinggi adalah Kabupaten Manggarai Barat. Curah hujan di kabupaten Manggarai Barat menurut klasifikasi tipe curah hujan di Indonesia tergolong dalam tipe monsunal. Artinya, musim hujan hanya terjadi sekali periode dalam 1 tahun, dan biasanya terjadi pada Bulan Oktober hingga Bulan April, mengikuti pergerakan angin musim barat dan timur. 

Periode musim hujan di Kabupaten Manggarai Barat sangat singkat jika dibandingkan dengan periode musim kemarau. Akibat Curah hujan yang tinggi yaitu sembilan bulan basah dan tiga bulan kering, menyebabkan banjir dan tanah longsor disejumlah Kawasan yang ada di Kabupaten Manggarai. 

Namun, tidak hanya bencana seperti banjir dan tanah longsor, kekeringan juga dapat terjadi akibat minimnya curah hujan di suatu daerah. Kekeringan adalah kondisi dimana suatu wilayah, lahan maupun masyarakat mengalami kekurangan air sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Berikut adalah beberapa berita dari media massa mengenai curah hujan serta dampak dari intensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Manggarai Barat yang telah dianalisis menggunakan metode framing teks.

Dok Pribadi

Dok Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline