Lihat ke Halaman Asli

Marwa Ulfa

Membaca dan menulislah karena itu salah satu cara untuk mendapatkan ilmu

Kualifikasi Seorang Master of Ceremony (MC) atau Pemandu Acara, Apakah Ada pada Dirimu?

Diperbarui: 22 September 2022   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo Sobat Kompasianers 

Menjadi seseorang yang mampu dalsm berkomunikasi di depan publik adalah keinginan semua orang tidak sedikit tempat kursus ataupun instansi pendidikan yang fokus terhadap pengambangan skill atau kemampuan publik speaking ini, salah satu jurusan atau program studi yang memiliki fokus dalam melatih publik speaking adalah jurusan atau program studi Ilmu Komunikasi. 

seperti di FISIP UHAMKA, berbicara di depan publik tidak semudah atau sesulit yang di bayangkan karena pada dasarmya profesi yang ataupun skill berkomunikasi yang baik tentunay melalui sebuah proses pembelajaran dan memebutuhkan praktek ataupun jam terbang terlebih dahulu.

Dalam dunia komunikasi yang di lihat bukan seberapa baik atau bagusnya performa kamu tetapi di dalam komunikasi kita lebih mengenal istilah komunikazi yang efektif atau bagaiaman pesan yang kita sampaikan dapat di menegerti atau di pahami oleh komunikan atau lawan bicara kita jika dalam konteks komunikasi publik seperti seorang pemandu acaranya maka komunikasi efektifnya adaah ketikan audience ataupun publik memaami perintah atupun himbauan yang kita maksud.

Idealnya seorang master of ceremony memiliki sikap yang tenang, tidak tergesa gesa serta percaya diri yang tinggi disini kita bisa menyingkatnya dengan 3 C yaitu "Cool, Calm And Confident" seorang Master of ceremony harus sebisa mungkin tetap tampill perfesional dan tenang walaupun delam keadaaan genting sekalipun.

Seorang MC yang baik mampu berfikir cepat dalam mengehadapi segala masalah ataupun hal-hal lainnya yang menjadi hambatan dalam penyelenggaraan acara. dan juga confident atau  percaya diri adalah sikap dasar yang di miliki oleh seorang pemandu acara

Berikut Kalifikasi-kualifikasi yang harus di miliki oleh seorang Master Of Ceremony :

1. PERFORMANCE (PENAMPILAN )

Pada saat perform seorang MC haruslah memperhatikan kedua hal ini yang pertama yaitu :

  • Cara Berpakaian, seorang mc saat tampil harsu lah berpakaian rapi, tidak mencolok dan sesuai dengan jenis acara yang sedang berlangsung. jangan sampai seorang mc salah menggunakan custom atapun dalam hal make up atau tata riuas seorang MC tidak boleh menggunakan make up yang mencolok ataupun terlihat norak karena akan menimbulkan gelak tawa di barisan penonton.
  • Kondisi Tubuh, seorang mcjuga harus memperhatikan kondisi tubuhnya ia haryus tampil dalam keaadaan tubuh yang prima atau tidak sedang sakit karena dengan tubuh yang prima seorang MC akan lebih bisa tampil optimal 
  • Fleksibel dan mampu berdaptasi dengan lingkungan sekitar, yang di aksudkan dalam bagian ini adalah seorang mc harus fokus terhadapjobdesk yang di berikan tidak berakting atau berlebih-lebihan dalam bersikap di depan audience (no overacting) misalnya dalamm cara hiburan seorang mc harus mampu menjadi enterntainer atau penghibur dan humoris, pada acar formal seotrang MC harus tampil anggun dan sebagainya 

2. SIKAP 

3 SUARA 

4. BICARA 

5 BAHASA 

6. WAWASANN 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline