Lihat ke Halaman Asli

Cara Manusia Kreatif Memecahkan Masalah

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kreatif artinya memiliki kemampuan untuk menciptakanatau menghasilkan sesuatu yang baru. Jadi, manusia kreatif adalah seseorang yang mempunyai kemampuan yang bersifat original dalam menciptakan sesuatu hal yang belum pernah ada dan berbeda dengan inovatif. Orang inovatif adalah orang yang mampu merubah hal yang biasa menjadi luar biasa. Orang kreatif akan berfikir berbeda dari kebanyakan dan juga orang kretif tidak suka dengan aturan yang ia anggap sebagai hambatan dalam mengembangkan kreatifitasnya. Untuk menjadi orang kreatif tidak harus pandai kita hanya perlu terbuka dengan fikiran kita maka ide brilliant akan muncul.

Banyak yang beranggapan bahwa ide kreatif akan muncul saat sedang dalam keadaan dikejar deadline, sehingga banyak orang yang lebih memilih menunda pekerjaannya, ini bisa kita sebut dengan “The Power of Kepepet” yah motto yang sangat terkenal dikalangan mahasiswa. Padahal sebuah karya yang menakjubkan lahir dari pemikiran matang dan sudah sangat dipersiapkan, dengan rentan waktu yang mendekati deadline kita akan terkesan terburu-buru dan tidak memperhatikan detail karya yang sudah kita buat. Orang kreatif juga rata-rata adalah orang yang pendiam karena bagi mereka lebih baik berbuat sesuatu daripada bicara tanpa ada kepentingan, orang kreatif menyukai keheningan karena dengan begitu ide-ide baru akan bermunculan dipikirannya.

Dalam hal memecahkan masalah jika orang biasa hanya memiliki sedikit jalan keluar dan kadang berfikiran pendek, orang kreatif memiliki sejuta solusi dan jalan keluar di otaknya. Mereka tidak terburu-buru dalam menyelesaikan sesuatu karena mereka sibuk membuat banyak planning cadangan apabila rencana utama mereka gagal. Orang kreatif juga sangat sabar dan teliti sama seperti saat mereka akan membuat karya baru mereka membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan kesabaran yang ekstra, mereka juga sangat teliti dengan hasil karyanya dan tidak ingin ada satupun kesalahan kecil dalam karyanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline