Lihat ke Halaman Asli

Marwan Jhainun

Don't tell but show

Tentang Goa Langgo Di Desa Wisata Wae Lolos

Diperbarui: 3 Mei 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Goa Langgo atau Liang Langgo merupakan sebuah goa yang berlokasi tak jauh dari Pemukiman warga Desa wae Lolos Dusun Laggo khususnya. 

Lokasi Goa Langgo Tepat berada Di sisi kiri jalur tracking yang menghubungkan Destinasi seribu air terjun di Desa Wisata Wae Lolos. 

Tak begitu jauh dari Goa Langgo terdapat sebuah air terjun yang dihuni oleh Kelelawar sehingga Di namakan Air terjun Cunca Niki. Niki merupakan Sebutan lokal untuk Kelelawar kemudian Cunca Adalah Air Terjun.

Pada zaman Colonial Belanda Dan Jepang, Goa Langgo dijadikan Tempat berlindung dari para penjajah. Lokasinya yang berada di tengah hutan yang lebat, menjadikan tempat ini salah satu tempat Persembunyian paling Aman Pada waktu itu..

Di sisi lain, Goa Langgo punya peran penting dalam sejarah peradaban Langgo. sebelum mengenal tekhnologi bercocok tanam, warga Langgo pada waktu itu masih menjadikan hutan sebagai sumber mata pencaharian..

Pada masa berburu, Goa Langgo menjadi tempat Berteduh setelah berburu dan mengitari Hutan Lebat. Goa Langgo Dijadikan tempat untuk menyimpan bekal selama berburu di hutan. Biasanya Warga yang berburu menjadikan Goa Langgo sebai pusat peristirahatan saat berada di dalam hutan selama berhari-hari sampai hasil buruan dirasa cukup untuk dibawa pulang ke rumah..

Jejak - jejak para penghuni Goa Langgo tersebut masih ada hingga kini, Di Goa Langgo akan ditemui Dinding-Dinding Goa yag berwarna Hitam sebagai Bukti bahwa dahulu Goa Langggo Dijadikan tempat Beristirahat dan tempat pembakaran Hewan-hewan hasil buruan sebelum dibawa ke Kampung Langgo. Dinding Goa Yang hitam merupakan akibat Dari Asap Api yang secara terus-menerus Mengendap di dinding Goa.

Kini, Goa Langgo tersebut menjadi Salah satu Objek wisata Warisan Leluhur di desa wisata wae lolos, dan sudah ramai dikunjungi.

Pemerintah desa dan warga setempat berkomitmen untuk melestarikan eksistensi goa Langgo dan melindungi Hutan-hutan di sekitarnya sebagai bagian dari bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam dan bentuk penghormatan kepada leluhur yang merupakan bagian penting dari sejarah peradaban Langgo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline