Lihat ke Halaman Asli

Siti Marwanah

"Abadikan hidup melalui untaian kata dalam goresan pena"

Jejak Perjuangan Seorang Guru

Diperbarui: 19 Desember 2020   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi


Kisah ini saya dapatkan dari seorang guru Matematika pak Noviar Hamdani yang sekaligus menjadi Nara sumber KTSP dan K-13 di Kabupaten Lombok Barat. Tahun 2017 dia diberikan tugas untuk melakukan pendampingan  di salah satu sekolah Satap yang berada di desa penanggak Kecamatan Batulayar. Lokasi sekolah yang berada di atas gunung mengharuskan siapapun yang berkunjung kesana harus melewati jalan setapak untuk sampai kesana.

Saat melakukan kunjungan kesana, Narasumber yang setiap hari mengajar di SMP Negeri 4 Gerung ini melakukan pendampingan sekaligus berbagi pengalaman dengan para guru yang berada di wilayah terpencil tersebut.

Ada kisah menarik dari pahlawan tanpa jasa yang bertugas di sana yang perlu diberikan apresiasi. Pukul enam pagi para guru sudah berangkat dari rumah untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang pendidik guna mencerdaskan generasi bangsa.

Menurut pengakuan para guru yang mengajar di sana, setiap hari mereka menitipkan motornya di rumah masyarakat yang berada di kaki gunung. Selanjutnya untuk Sampai di sekolah mereka harus menyusuri jalan setapak yang menanjak selama kurang lebih satu jam,  sembari menaruh tas ransel yang menempel di punggung. Dalam tas mereka selalu membawa dua baju. Satu baju yang berupa baju kaos yang digunakan selama perjalanan menyusuri jalan setapak agar sampai di sekolah. Karena kondisi baju basah oleh keringat membuat guru harus mengganti baju mereka sebelum mengajar para siswa.

Jika musim hujan, jalan yang dilalui licin sehingga kalau menggunakan motor akan menyebabkan kendaraan bisa saja terbalik. Tapi walaupun kondisi hujan mereka dengan setia menjalankan tugas sebagai pendidik yang tak kenal lelah

Tak bisa dibayangkan jika setiap hari rutinitas seperti ini dilakukan oleh para guru yang bertugas di sana dan saya pribadi memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para pejuang pendidikan yang tak pernah kenal lelah. Seandainya saya memiliki sepuluh jempol untuk diberikan kepada mereka rasanya masih kurang karena beratnya Medan yang harus mereka tempuh untuk menyampaikan ilmu kepada generasi bangsa.

Keikhlasan yang kau berikan dalam menjalankan tugas mulia akan mengantarkanmu menjadi orang mulia nantinya di sisi Allah SWT.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline