Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Jenis-Jenis Alat Evaluasi Non-Tes

Diperbarui: 29 Mei 2024   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay.com

Terdapat jenis-alat evaluasi non-tes  yang dapat dibagi menjadi 2 bagaian, yaitu ranah afektif (sikap) dan psikomotorik. Yang akan dijelaskan pada pembahasan dibawah ini :

  • Ranah Afektif (Sikap)

pada aspek sikap atau yang sering disebut dengan afektif (KI-1 & KI 2) merupakan kategori dari alat evaluasi non-tes yang bertujuan untuk mengetahui dan menilai kemampuan yang telah dimiliki oleh peserta didik pada ranah afektifnya (sikapnya). Penskoran pada ranah afektif (sikap) ini dapat dilakukan dengan melakukan observasi, angket (self evaluation & penilaian antar peserta didik), dan jurnal.

Secara umum, prinsip dari evaluasi itu harus komprehensif. Jadi, objek evaluasi itu tidak boleh hanya terpaku kepada aspek kognitif saja. Akan tetapi, aspek afektif dan psikomotorik pun harus menjadi objek evaluasi. Terdapat dua komponen pendting dalam pemberian skor untuk skala afektif/sikap, yaitu sikap dan minat peserta didik terhadap materi pelajaran. Terkadang sikap peserta didik terhadap mata pelajaran bisa positif, negative, atau netral. Dengan harapan sikap positif peserta didik terhadap mata pelajaran dapat mempengaruhi minat belajar peserta didik. Baik sikap maupun minat peserta didik keduanya dapat memberi pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian, pada ranah afektif ini tugas pendidik ialah menumbuh kembangkan sikap positif dan meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran yang sedang dipelajari.

  • Ranah Domain Psikomotorik

pada ranah psikomotorik ini adalah mengukur dan menilai pada segi praktik atau kinerja. Dalam mengukurnya, pendidik dapat melakukan tes tindakan melalui simulasi (praktik) atau tes identifikasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline