Lihat ke Halaman Asli

Inovatif, Mahasiswa KKN-P Umsida Melakukan Sosialisasi Pemasaran Via Online

Diperbarui: 12 Februari 2023   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sosialisasi pemasaran produk UMKM/dokumentasi tim KKN-P Umsida kelompok 21

Senin, (06/02/2023) Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan kegiatan sosialisasi pemasaran produk. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh devisi UMKM KKN-P Umsida. Kegiatan ini berlokasi di balai RW yang lebih tepatnya di Perumahan Griya Inti Permai Dusun Donorejo. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan mengundang ibu-ibu kader ASMAN TOGA.

Kegiatan ini selain merupakan rangkaian dari program kerja juga merupakan sarana untur bersosialisasi dengan warga sekitar khusunya ibu-ibu kader ASMAN TOGA. Kegiatan ini bertujuan khusus untuk memberikan wawasan kepada ibu-ibu kader tentang bagaimana sistem penjualan suatu produk dengan menggunakan cara yang kekinian. Dalam kegiatan ini para mahasiswa dari devisi UMKM memberikan tutorial atau cara menjual produk dengan memanfaatkan olshop (Online Shop).

pendampingan langsung cara penggunaan aplikasi shopee/dokumentasi tim KKN-P Umsida keompok 21

Diera sekarang yang semua serba online maka para mahasiswa KKN-P Umsida berencana membantu kelompok ASMAN TOGA untuk mempermudah proses penjualan produk mereka dengan memanfaatkan media online. Pada kegiatan kali ini media yang digunakan adalah shopee dan instagram dengan bantuan dari para mahasiswa dari devisi UMKM. Kegiatan ini direspon positif oleh ibu-ibu kader ASMAN TOGA.

sharing session dengan kader ASMAN TOGA/dokumentasi tim KKN-P Umsida kelompok 21

Kegiatan sosialisasi ini menitikberatkan pada 3 materi yakni proses pembuatan inovasi produk olahan dari bunga telang yang mulai dari bahan yang digunakan sampai dengan cara melakukan proses produksinya, dimana produk isi meerupakan hasil dari kreasi mahasiswa KKN-P Umsida kelompok 21 devisi UMKM. Proses pemasaran produk hasil olahan dengan menggunakan aplikasi shopee, hal ini meliputi hal apa saja yang harus dilakukan untuk memasukkan produk olahan yang ada ke aplikasi shopee dan juga para mahasiswa membagikan sedikit tips agar produk olahan bisa dengan mudah dipasarkan di aplikasi shopee tersebut.

sesi tanya jawab dengan ibu kader/dokumentasi tim KKN-P Umsida kelompok 21

Dan yang terakhir yakni proses pembuatan akun instagram, dimana instagram ini dibutuhkan untuk keperluan promosi produk yang dihasilkan. Dengan menggunakan instagram bisa memudahkan untuk proses pengiklanan yang diperlukan agar orang luar daerah bisa mengetahui tentang produk yang kita punya. Harapan kedepannya yakni kelompok ASMAN TOGA ini bisa lebih mudah untuk memasarkan produk mereka ke luar daerah tidak hanya di lingkungan sekitaran Desa Martopuro saja.

foto bersama/dokumentasi tim KKN-P Umsida kelompok 21

(tim publikasi media masa KKN-P Umsida kelompok 21)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline