Ajaran Gereja terkenal tentang Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda ditentukan setelah perdebatan teologis yang sengit selama berabad-abad. Hal ini dinyatakan sebagai dogma - doktrin yang berkaitan dengan kebenaran yang diwahyukan secara ilahi, yang wajib dipercaya oleh umat Katolik - pada tahun 1854. Tulisan ringan ini hendak menganalisis akar sejarah dari pesta ini dengan menunjukkan sifat dinamis dan pragmatis Gereja kita dan perkembangan doktrin.
Perkembangan Sejarah
Seperti semua ajaran Gereja, seseorang harus menyelidiki apa yang Kitab Suci katakan mengenai dogma ini. Benarlah bahwa Alkitab tidak berbicara tentang Dikandung Tanpa Noda secara langsung. Sebelum pesta ini memperoleh definisi yang tepat pada tahun 1854, banyak penafsir merujuk ke Lukas 1:28, "Salam, hari engkau yang dikarunia", untuk mengatakan bahwa Maria selalu dipenuhi dengan kasih karunia dan dengan demikian tanpa dosa.
Teologi abad pertengahan didominasi oleh konflik mengenai Maria Dikandung Tanpa Noda. Ketika pesta itu telah menyebar di beberapa wilayah Eropa Barat, Roma tidak merayakannya atau merekomendasikannya secara resmi. Hal itu dikarenakan Vatikan tidak menyetujui pesta itu, banyak uskup dan teolog menentang doktrin itu dan menuduhnya sebagai "inovasi".
St. Bernard dari Clairvaux dan St. Thomas Aquinas adalah dua lawan teologis utama dari doktrin Konsepsi Tak Bernoda ini. Pada tahun 1140, Bernard dengan terkenal mengilustrasikan sikap negatif yang berlaku terhadap nafsu birahi - bagi St. Bernard tidak terpikirkan bahwa Roh Kudus telah terlibat dalam sesuatu yang secara inheren "jahat" seperti konsepsi pada seorang anak. St. Thomas Aquinas menggunakan doktrin penebusan universal untuk menentang konsep Konsepsi Tak Bernoda, mengatakan bahwa jika Maria tidak ternoda oleh dosa asal maka itu akan mengurangi martabat Kristus sebagai penyelamat semua orang.
Meskipun demikian, keberatan Bernard dan Thomas tidak memenangkan perdebatan teologis. Argumen Bernard tentang konkupisensi dianggap tidak berguna dengan pemahaman baru tentang seksualitas manusia. Beato John Duns Scotus, seorang Fransiskan dari Universitas Oxford, menjawab keberatan Aquinas dengan mengatakan bahwa terpeliharanya Maria dari dosa asal tidak menghilangkan ketergantungannya pada karya penebusan Kristus. Sebaliknya, lebih dari siapa pun, Maria membutuhkan Kristus sebagai penebusnya karena dia akan melakukan dosa asal jika anugerah Kristus tidak mencegahnya terjadi.
Melalui periode Renaisans akhir dan memasuki era modern, doktrin Maria Dikandung Tanpa Noda menjadi lebih dapat diterima. Konsili Basel yang diadakan pada tahun 1431, menyatakan bahwa Maria, melalui anugerah khusus, tidak pernah tunduk pada dosa asal. Selain itu, konsili menyatakan bahwa kepercayaan semacam itu "saleh dan sesuai dengan ibadat Gereja, iman Katolik, dan ajaran Kitab Suci." Belakangan, Paus Sixtus IV, Fransiskan lainnya, menetapkan pesta untuk keuskupan Roma pada tahun 1477, tetapi tidak memerintahkannya. Paus Klemens XI menetapkan pesta untuk seluruh Gereja pada tahun 1708, yang akan dirayakan pada 8 Desember.
Konfirmasi di abad ke-19
Banyak perkembangan mengenai definisi Maria Dikandung Tanpa Noda terjadi pada abad ke-19. Pada tahun 1830, Perawan Maria Yang Terberkati menampakkan diri kepada St. Catherine Labour di Perancis, mengungkapkan kepadanya sebuah gambar dari apa yang disebut sebagai "Medali Ajaib." Medali itu dibuat untuk mengenang penampakan ini, dan berisi kata-kata, "O Maria, yang dikandung tanpa dosa, doakanlah kami yang meminta pertolongan kepadamu." Sakramen populer ini menegaskan ketidakberdosaan Maria dan Dikandung Tanpa Noda.
Pada tahun 1846, para uskup AS, bertemu di Baltimore, dengan suara bulat memilih Perawan Maria Yang Terberkati, dengan gelarnya Dikandung Tanpa Noda, sebagai pelindung kabupaten setempat, yang disetujui oleh Paus Pius IX, yang mendefinisikan dogma kurang dari satu dekade kemudian.
Dengan definisinya tentang Dikandung Tanpa Noda sebagai realitas yang diwahyukan secara ilahi, Beato Pius IX memilih untuk melakukannya tanpa bantuan dewan uskup. Proses yang dilakukannya adalah dimulai dengan meminta komentar dari para uskup, ordo religius dan umat awam yang tertarik tentang kemungkinan definisi tentang Dikandung Tanpa Noda. Terlepas dari beberapa pengecualian, tanggapan umum baik, dan Paus mengumumkan dogma tersebut pada tahun 1854 --- dogma pertama yang diumumkan di luar dewan ekumenis.