Lihat ke Halaman Asli

Martien AndrewSihotang

Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap - IPB University

Mahasiswa IPB University Melaksanakan Lokakarya 1 KKN-T di Desa Situregen dengan 5 Program Utama

Diperbarui: 3 Juli 2023   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

(Senin, 26 Juni 2023) Demi mewujudkan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian, mahasiswa KKN-T IPB University melaksanakan Lokakarya 1 di Kantor Desa Situregen, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dilaksanakan pada Senin 26 Juni 2023 dengan dihadiri oleh Perangkat Desa, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Karang Taruna, Ketua RT, Ketua RW, dan BPD. Kegiatan lokakarya ini menyuguhkan rancangan permasalahan dan potensi desa yang disusun berdasarkan hasil survei langsung ke lapangan. 

Tujuan utama dilaksanakannya Lokakarya 1 di Desa Situregen, adalah untuk menjelaskan permasalahan serta menawarkan solusi untuk permasalahan yang ada. Dengan mengusung tema "Membangun Masyarakat Mandiri yang Cerdas Lingkungan dan Mampu Memanfaatkan Potensi Perikanan Budidaya sebagai Penunjang Perekonomian". Pada kegiatan ini, para mahasiswa memaparkan 5 kegiatan besar yang akan dilaksanakan selama melakukan KKNT di Desa Situregen. Program tersebut diantaranya adalah Pembuatan Profil Desa, Sosialisasi Minapadi, Budidaya Ikan dalam Keramba, Branding Wisata Pantai, dan Coastal Clean Up. 

Dokumentasi pribadi

Pembuatan profil desa adalah kegiatan membuat dan memperbaharui profil desa pada Wikipedia yang bertujuan untuk memberi informasi terkait wilayah dan potensi desa Situregen. Output dari program ini berupa pembaharuan dan penambahan informasi yang dapat di akses secara open source pada internet serta pembaharuan peta Desa Situregen yang dicetak dalam ukuran besar. 

Sosialisasi minapadi adalah kegiatan memperkenalkan budidaya minapadi kepada masyarakat karena potensi air irigasi yang baik dan banyaknya lahan persawahan yang terdapat di Desa Situregen. Sosialisasi ini mencakup cara budidaya minapadi, menganalisis dan membandingkan keuntungan finansial antara sawah biasa dengan minapadi. Harapannya, banyak warga Desa Situregen yang akan menerapkan budidaya minapadi pada lahan persawahannya. 

Budidaya ikan pada keramba adalah kegiatan pembuatan keramba ikan serta memperkenalkan cara budidaya ikan yang baik kepada masyarakat, dengan melimpahnya sumberdaya air, budidaya ikan merupakan potensi yang baik untuk menopang dan memajukan perekonomian warga setempat. Nantinya, keramba tersebut akan dikelola oleh masyarakat setempat dan diharapkan program ini dapat berkelanjutan. 

Branding wisata pantai adalah kegiatan untuk memajukan pariwisata Pantai Cimandiri Laut yang berada di Desa Situregen. Kegiatan ini meliputi pembuatan beberapa spot foto, pembuatan gapura pantai, pembuatan akun Instagram sebagai platform untuk promosi dan beberapa ornamen untuk menunjang estetika pariwisata pantai. harapan diadakannya program ini untuk memperkenalkan pariwisata pantai yang ada di Desa Situregen memajukan perekonomian warga disekitar pesisir pantai. 

Program coastal clean up, adalah kegiatan bersih pantai yang mengajak seluruh lapisan masyarakat pesisir mulai dari siswa sekolah, karang taruna, POKDARWIS, dan masyarakat umum. Kegiatan ini dimulai dengan pemberian materi tentang jenis-jenis sampah dan cara penanganannya kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih pantai di sepanjang pesisir. Hasil dari sampah tersebut nantinya akan disortir sesuai dengan jenis-jenisnya, untuk kemudian diolah menjadi hasil karya yang menarik. 

Kepala Desa Situregen, Abdul Muhyi menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar selalu semangat dalam melaksanakan program KKN-T Inovasi di Desa Situregen dan berharap seluruh program akan dapat dijalankan dengan baik, lancer, dan berguna bagi sesama. Kegiatan Lokakarya 1 diakhiri dengan dokumentasi Bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline