David Kolb adalah seorang filsuf Amerika yang beraliran humanistik. Teori Pembelajaran Eksperiensial (Eksperiential Learning Theory) adalah model pembelajaran yang diperkenalkan Kolb. Model pembelajaran ini menggambarkan sebuah siklus empat elemen, yaitu:
1. Concrete Experience -- CE (emotions)
Pengalaman konkret atau concrete experience di mana anak belajar melalui perasaan yang menekankan pengalaman konkret dan juga relasi dengan sesama.
2. Reflective Observation -- RO (watching)
Observasi Reflektif atau reflective observation di mana anak belajar melalui pengamatan yang penekanannya adalah mengamati sesuatu sebelum menilai serta menyimak suatu perkara dari berbagai perspektif.
3. Abstract Conceptualization -- AC (thinking)
Konseptualisasi Abstrak atau abstract conceptualization di mana anak belajar melalui pemikiran yang berfokus pada analisa logis, pemahaman intelektual, dan lebih sistematis.
4. Active Experimentation -- AE (doing)
Eksperimentasi Aktif atau active experimentation di mana anak belajar melalui tindakan di mana mampu melaksanakan tugas serta berani mengambil resiko.
Ketika kita melihat model pembelajaran ini, ada dua pendekatan yang saling berkaitan, yaitu pengalaman kongkret (concrete experience) dan konseptualisasi abstrak (abstract conceptualization) serta observasi reflektif (reflective observation) dan eksperimentasi aktif (active experimentation). Di dalam model ini juga ada empat gaya belajar sebagai berikut:
- Convergen - Abstract Conceptualization (AC) dan Active Experimentation (AE)
- Divergen - Concrete experience (CE) dan Reflective observation (RO)
- Assimilation - Abstract conceptualization (AC) dan Reflective observation (RO)
- Accommodation - Concrete experience (CE) dan Active experimentation (AE)
Convergen - Abstract conceptualization -- AC dan Active experimentation -- AE