Lihat ke Halaman Asli

Martha Debby

Homeroom Teacher

Robert Gagne: Conditions of Learning

Diperbarui: 14 Oktober 2021   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gagne menjabarkan pemikirannya tentang proses pembelajaran melalui apa yang disebutnya sebagai Nine Levels of Learning Theory. 

Ini adalah teori tentang prinsip dari Gagne bahwa proses pembelajaran yang ideal haruslah melalui Sembilan tahapan pembelajaran dimana semua tahapan harus diikuti dan dilalui secara runut, tidak boleh ada lompatan tahapan karena bagi Gagne hal itu akan mengakibatkan ketidaklengkapan proses pembelajaran yang mempengaruhi kualitas pembelajaran nantinya.

Adapun kesembilan tahapan itu adalah

1. Gaining Attention (Reception)

Pada tahap ini guru mencoba menarik perhatian siswa sebelum memulai pembelajaran agar siswa fokus pada pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya, mengatur volume suara yang jelas, gerak tubuh yang sesuai dengan maksud yang ingin dicapai, ataupun beberapa metode lainnya yang dapat menarik perhatian siswa.

2. Informing Learners of the Objective (Expectancy)

Pada tahap ini guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai di akhir sesi pembelajaran dan manfaat yang akan siswa dapatkan dari pembelajaran tersebut.

3. Stimulating Recall of Prior Learning (Retrieval)

Di tahap ini guru memberikan brainstorming atau semacam pengarah yang mengantarkan pada suatu topik pembelajaran.

4. Presenting the Stimulus (Selective Perception)

Tahap ini menjelaskan bahwa guru menyampaikan suatu topik pembelajaran yang baru untuk dipelajari oleh siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline