PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
MARTA SUMARNI, S.Pd.
Guru SD Negeri 15 Kubu
Kabupaten Kubu Raya
Mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 3 Universitas Tanjungpura
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Hasil belajar matematika sampai saat ini masih menjadi suatu permasalahan yang sering dikumandangkan baik oleh orang tua siswa maupun oleh para ahli. Beberapa hasil Makalah pada beberapa propinsi di Indonesia juga menemukan bahwa hasil tes mata pelajaran matematika siswa sangat rendah. Hasil Makalah Suryanto dan Somerset terhadap 16 Sekolah Dasar (SD) pada beberapa propinsi di Indonesia juga menemukan bahwa hasil tes mata pelajaran matematika siswa masih rendah.
Rendahnya hasil belajar adalah suatu hal yang wajar jika dilihat dari aktivitas pembelajaran di kelas yang tidak lain merupakan penyampaian informasi yang lebih mengaktifkan guru, sementara siswa pasif mendengarkan dan menyalin, sesekali guru bertanya dan sesekali siswa menjawab, guru memberi contoh soal dilanjutkan dengan memberi soal latihan yang sifatnya rutin kurang melatih daya nalar, kemudian guru memberikan penilaian. Akibatnya siswa mengalami kendala jika diberikan permasalahan yang tidak rutin. Hal ini disebabkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran bersifat monoton.
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.