Lihat ke Halaman Asli

Marsya Helmaliana Putri

Mahasiswa Prodi Akuntansi S1 - Universitas Pamulang

Akuntansi Sebagai Solusi Minimnya Tingkat Kesadaran Dalam Pengaruh Ekonomi

Diperbarui: 27 April 2023   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Marsya Helmaliana Putri - Prodi Akuntansi S1 - Universitas Pamulang

Akuntansi Sebagai Solusi dan Tingkat Kesadaran Masyarakatnya, Akuntansi adalah proses pendokumentasian, pengklasifikasian, pengikhtisaran, pengolahan dan penyajian data keuangan, transaksi dan kejadian sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh mereka yang membutuhkannya untuk pengambilan keputusan dan tujuan lainnya. Manusia selalu hidup dalam kehidupan sosialisasi dan sangat membutuhkan bantuan orang lain untuk melangsungkan kehidupan sehari-harinya.  Pengaruh Ekonomi juga memiliki peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat. Untuk mengurus keuangan ekonomi kita memerlukan ilmu akuntansi. karna ilmu akuntansi sangat penting untuk menjadi solusi pencatatan  pertambahan atau pengurangan keuangan ekonomi kita.

Peran akuntansi sebagai solusi yaitu untuk mempermudah mengatur pemasukan dan pengeluaran ekonomi kita. Lalu Minimnya pemahaman serta kesadaran para masyarakat yang memiliki ekonomi yang sangat stabil, terhadap masyarakat yang ekonomi nya jauh dari kata stabil. Salah satu pemicu  banyak nya kemiskinan yaitu kurangnya lapangaan pekerjaan, malas bekerja dan juga ada beberapa perusahaan yang mengurangi karyawan nya karna ada beberapa alasan dari perusahaan tersebut. Sehingga perihal semacam ini banyak pihak yang dirugikan.  Dan apakah ada dampak dari minimnya kesadaran karna pengaruh ekonomi ini? tentu ada, Dampaknya yaitu : Timbulnya Kelompok - Kelompok dalam Masyarakat contohnya kelompok kaya dan kelompok miskin, kelompok kaya memiliki gaya hidup serba mewah sedangkan kelompok miskin hidup serba kekurangan.  Lalu Timbulnya Kriminalitas, pengangguran dan kemiskinan. Kriminalitas muncul karna ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengangguran terjadi karena tidak adanya kesempatan kerja dan kemiskinan timbul karna tidak mampu memenuhi kehidupan hidup dan ekonomi nya. 

Seharusnya kita sebagai generasi muda harus bisa mengambil alih serta menyelesaikan permasalahan ekonomi pada masyarakat dengan cara mencari solusi dalam mengatasi masalah ekonomi tersebut, contohnya memberi akses kepada tiap masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas sosial yang ada, serta memberi kesempatan yang sama kepada seluruh masyarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomiannya. Contoh solusi selanjutnya yaitu Akuntansi dianggap sebagai teknologi karena merupakan alat yang digunakan oleh lembaga sosial untuk memberikan kriteria pengukuran dan prosedur untuk mengendalikan tindakan dan perilaku mendominasi pengambilan keputusan ekonomi dalam lingkup organisasi, bisnis atau instansi pemerintah. Dibidang pereknomian ini akuntansi sangat berpengaruh karna perannya dalam merencanakan perekonomian negara melalui data-data atau laporan yang disediakan dan dapat dibandingkan melalui pergerakan ekonomi dari periode ke periode lainnya agar dapat membuat pemerintah untuk mengambil keputusan yang adil untuk negaranya. Tetapi tidak sedikit orang yg mengabaikan teori akuntansi ini, sebab minimnya tingkat kesadaran serta ingin selalu mendapatkan sesuatu yang instan saja misalnya judi online.

Faktanya ilmu akuntansi tidak pernah merugikan siapapun, bahkan ilmu akuntansi sangat bermanfaat bagi individu atau diri kita sendiri karna bukan hanya prospek kerja yang luas dan dengan jenjang karir yang menjanjikan. hampir semua perusahaan membutuhkan seorang akuntan. dan manfaat akuntansi bagi diri sendiri yaitu  sebagai bahan evaluasi keuangan diri sendiri dan untuk merencanakan keuangan di masa depan. serta mampu mengontrol kesadaran dalam hal yang berkaitan dengan keuangan atau terhadap pengaruh ekonomi lainnya. Dan bagi para Pelajar atau Mahasiswa Akuntansi memiliki kelebihan dari jurusan akuntansi tersebut yaitu menambah keahlian dalam mengelola keuangan nya. Jadi tidak heran jika para lulusan akuntansi dapat mengatur keuangan yang dimiliki perusahaan ataupun miliknya sendiri untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline