Lihat ke Halaman Asli

Marsya Habibah

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Kontruktivisme

Diperbarui: 27 Oktober 2024   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Teori Belajar Kognitif

- Fokus: Memahami proses berpikir dan pengolahan informasi.
- Prinsip: Belajar merupakan proses aktif di mana individu membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi.
- Tokoh: Wundt, Lewin, Piaget, dan Bruner.
- Implikasi: Pengajar perlu menciptakan lingkungan yang merangsang berpikir, mendorong siswa untuk menemukan jawaban secara mandiri, dan membantu mereka memahami konsep-konsep yang abstrak.

2. Konstruktivisme

- Fokus: Peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan orang lain.
- Prinsip: Pengetahuan tidak hanya diterima, tetapi dibangun oleh siswa melalui pengalaman dan interaksi sosial.
- Tokoh: Vygotsky.
- Implikasi: Pengajar harus berfungsi sebagai fasilitator, mendorong kolaborasi antar siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

 3. Metakognitif

- Pengertian: Kemampuan untuk merenungkan proses berpikir sendiri, mengontrol proses belajar, dan mengevaluasi hasil belajar.
- Implikasi: Siswa perlu diajarkan untuk merencanakan, memantau, dan menilai proses belajar mereka.

 4. Perkembangan Kognitif

- Pengertian: Perubahan cara berpikir dan memahami dunia seiring bertambahnya usia.
- Tahap:
  - Sensorimotor (0-2 tahun): Belajar melalui indra dan gerakan.
  - Pra-Operasional (2-7 tahun): Berpikir simbolis, tetapi masih egosentris.
  - Operasional Konkret (7-11 tahun): Berpikir logis me ngenai objek konkret.
  - Operasional Formal (11 tahun ke atas): Berpikir abstrak dan hipotetis.
- Faktor: Terdapat faktor internal (hereditas, kematangan, bakat) dan eksternal (lingkungan, pendidikan, kebebasan).

Kesimpulan

- Teori belajar kognitif, konstruktivisme, dan metakognitif menekankan pentingnya peran aktif siswa dalam proses belajar.
- Perkembangan kognitif terjadi secara bertahap dan dipengaruhi oleh berbagai faktor.
- Pengajar perlu memahami dan menerapkan teori-teori ini dalam pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan belajar mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline