Lihat ke Halaman Asli

Tokoh Matematika: “ Penemu Bilangan “

Diperbarui: 21 Oktober 2015   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Leonardo da Pisa atau Leonardo Pisano (11751250), lebih dikenal dengan sebutan Fibonacci, adalah matematikawan Italia yang dikenal sebagai penemu bilangan Fibonacci. Leonardo berperan dalam mengenalkan sistem penulisan dan perhitungan bilangan Arab ke dunia Eropa.

Bapak dari Leonardo, Guilielmo (William) mempunyai nama panggilan Bonacci yang artinya “bersifat baik” atau “sederhana”. Setelah meninggal, Leonardo sering disebut dengan nama Fibonacci (dari kata filius Bonacci, anak dari Bonacci). William memimpin sebuah pos perdagangan (beberapa catatan menyebutkan ia adalah perwakilan dagang untuk Pisa) di Bugia, Afrika Utara (sekarang Bejaia, Aljazair). Sebagai anak muda, Leonardo berkelana ke sana untuk menolong ayahnya. Di sanalah Leonardo belajar tentang sistem bilangan Arab.

Melihat sistem bilangan Arab lebih sederhana dan efisien dibandingkan bilangan Romawi, Fibonacci kemudian berkelana ke penjuru daerah Mediterania untuk belajar kepada matematikawan Arab yang terkenal mada masa itu. Leonardo baru pulang kembali sekitar tahun 1200-an. Pada tahun 1202, di usia 27, ia menuliskan apa yang telah dipelajari dalam buku Liber Abaci, atau Buku Perhitungan. Buku ini menunjukkan kepraktisan sistem bilangan Arab dengan cara menerapkannya ke dalam pembukuan dagang, konversi berbagai ukuran dan berat, perhitungan bunga, pertukaran uang dan berbagai aplikasi lainnya. Buku ini disambut baik oleh kaum terpelajar Eropa, dan menghasilkan dampak yang penting kepada pemikiran Eropa, meski penggunaannya baru menyebarluas setelah ditemukannya percetakan sekitar tiga abad berikutnya.

 Pelajaran yang mungkin bisa kita petik antara lain:

  1. Mari mencontoh sikap Leonardo yang giat untuk mempelajari tentang ilmu hitung sistem bilangan hingga jauh meninggalkan tempat tinggalnya. Leonardo dikenal banyak orang hingga sekarang karena dia bisa memberikan manfaat kepada orang banyak, yang masih kita rasakan hingga saat ini.
  2. Penemuan bilangan oleh Leonardo Pisano atau Fibonacci sangat bermaafaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dibidang matematika, dan dapat dikembangkan oleh para ilmuwan untuk kesejahteraan manusia dengan lahirnya, mesin hitung ( calculator ), Komputer, Laptop, dan berbagai macam aplikasi dan fitur pada Hand Phone Android yang simple dan Canggih.
  3. Kita harus punya tekad dan semangat yang tinggi untuk mewujudkan cita-cita di masa depan, dengan belajar keras dan tekun agar menjadi generasi yang cerdas dan tangguh, yang bermanfaat untuk kesejahteraan generasi masa depan.

Sumber: Buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi 2014

Tugas ETraining Pasca UKG PPPPTK Matematika ( 046. marsidi-smp bopkri wonosari )

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline