Lihat ke Halaman Asli

Marsha Hamira Subiyakto

Perawat yang menulis

Bullying, Sebuah "Budaya" yang Tak Boleh Dibudayakan

Diperbarui: 17 Agustus 2024   19:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Foto Pribadi

Belum lama ini ada berita viral yaitu seorang dokter di salah satu rumah sakit milih pemerintah daerah yang sedang menempuh program pendidikan dokter spesialis (PPDS) di salah satu universitas ternama di Provinsi Jawa Tengah diduga tewas bunuh diri. Hal ini tentunya menjadi keprihatinan kita bersama. Profesi dokter yang menurut anggapan banyak orang adalah profesi yang mapan dan menjanjikan saja dapat mengantarkan seseorang untuk mengakhiri hidup.

 Dugaan penyebab bunuh diri seorang dokter ini adalah akibat bullying. Bullying merupakan tindakan agresif yang biasanya dilakukan seseorang untuk mengintimidasi atau mendominasi orang lain yang dinilai lebih lemah. Kabar terkait bullying dilingkungan sekolah memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari tingkat terbawah yaitu sekolah dasar sampai pada tingkat teratas yaitu universitas atau pendidikan tinggi. 

Menurut saya, penyebab utama tindakan bullying ini adalah rasa dendam terhadap perlakuan orang yang lebih senior terhadap juniornya. Karena perlakukan tersebut akhirnya tindakan bullying ini dilampiaskan turun temurun.

Salah satu berita bullying yang akhir-akhir ini banyak terdengar dan menjadi perhatian berbagai pihak yaitu bullying di lingkungan PPDS. Sebenarnya, Kementerian Kesehatan sendiri pada tahun 2023 sudah mengeluarkan Instruski Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/1512/2023 Tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan Terhadap Peserta Didik Pada Rumah Sakit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Tetapi pada faktanya selang setahun setelah instruksi tersebut dikeluarkan masih ada dugaan tindakan bullying yang akibatnya sampai merenggut nyawa.

Lalu dimana letak kesalahannya, apakah intruksi tersebut tidak terlalu kuat untuk merubah perilaku seseorang ataukah memang instruksi tersebut hanya sebatas formalitas demi anggapan positif di kalangan masyarakat, entahlah. Tetapi yang jelas diperlukan upaya serius untuk mengakhiri "budaya" bullying ini. Usut tuntas setiap aduan serta berikan sanksi tegas terhadap seluruh pelaku. Jangan sampai seorang dokter yang berkualitas takut menempuh pendidikan dokter spesialis hanya karena melihat tindakan bullying ini. Mari bersama lawan segala bentuk intimidasi dan penindasan !!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline