Islam pertama kali mencapai Asia Tenggara melalui pedagang Arab dan Persia yang berlayar ke wilayah tersebut pada abad ke-7.
Namun, Islam membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebar ke pedalaman.
Interaksi antara Islam dan budaya regional Asia Tenggara sangatlah kompleks.
Budaya lokal seperti Hindu dan Budha, animisme, dan tradisi pemujaan leluhur tetap bertahan bahkan setelah Islam masuk ke wilayah tersebut.
Islam pertama kali mencapai Asia Tenggara melalui pedagang Arab dan Persia yang berlayar ke wilayah tersebut pada abad ke-7.
Agama Islam pada awalnya diterima oleh masyarakat di daerah pesisir seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.
Namun, Islam membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebar ke pedalaman.
Islam secara bertahap dan damai menginvasi Asia Tenggara dan diterima oleh penduduknya, terutama melalui para pedagang Arab, India, Bengal, Cina, Gujarat, Iran, Yaman, dan Arabia Selatan, dimana mereka singgah dan diterima oleh penduduk pesisir.
Peradaban Islam di Asia Tenggara mempunyai pengaruh yang kuat, terlihat dari proses invasi melalui berbagai jalur, antara lain: - Jalur Perdagangan Sejak abad ke-1 M, perairan Asia Tenggara khususnya Selat Malaka telah diduduki.
Posisinya sangat penting dalam kegiatan komersial dan transportasi.
Bersifat internasional karena terletak di penghubung antara negara-negara Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Barat.
Aktifnya perdagangan di Asia Tenggara pada abad ke-7 hingga ke-16 mendorong para pedagang Muslim (Arab, Persia, dan India) untuk berpartisipasi dalam perdagangan di negara-negara barat, tenggara, dan timur benua tersebut.
- Jalur Pernikahan Ketika Islam menyebar, jalur pernikahan lebih menguntungkan karena pedagang Islam menikahi anak bangsawan, keluarga kerajaan, dan adipati, yang juga mendorong Islamisasi.
Hal ini terjadi antara Raden Rahmat atau Sunan Ampel dan Nyay Manila, Sunan Gunung Jati dan Puteri Kaunganteng, Brawijaya dan Puteri Kampa (keturunan Raden Pata (raja pertama Demak) dll) .
- Jalan Tasawuf Asia Tenggara dipengaruhi oleh ajaran dan praktik tasawuf serta hadirnya dakwah intelektual tasawuf yang bertemu dengan para saudagar muslim. Guru tasawuf atau sufi mengajarkan Teosofi yang dicampur dengan ajaran populer khususnya di Indonesia.para sufi mengajarkan dengan dakwah yg cerdas.
-- Jalur Pendidikan Banyak g,uru qiyai dan ulama yang mendirikan sekolah dan pesantren.
Di pesantren, santri mendapat pelajaran agama.
Setelah berangkat, mereka menyebarkan ilmunya dan berdakwah serta menyebarkan agama Islam di desanya masing-masing.
Seperti pesantren yang didirikan di Gili oleh Raden Rahmat Surabaya dan Sunan Gili
-- Jejak Seni Bentuk Islamisasi melalui seni yang paling terkenal adalah pertunjukan wayang.
Sunan Kalijaga paling jago bermain wayang.
Dia tidak pernah memungut biaya penampilan, tetapi meminta penontonnya untuk mengikutinya saat dia mendaraskan Syahadat.
Sebagian besar cerita wayang masih bersumber dari cerita Mahabharata dan Ramayana, namun ajaran dan nama pahlawan Islam disisipkan ke dalam cerita tersebut.
Seni lain juga dapat digunakan sebagai alat Islamisasi.
patung, arsitektur, sastra (cerita, kronik, dll), dll.
- Jalur Politik Setelah raja masuk Islam untuk pertama kalinya, sebagian besar rakyat masuk Islam.
Pengaruh politik raja memberikan kontribusi besar terhadap penyebaran Islam di wilayah tersebut.
Kemenangan suatu kerajaan Islam secara politis dapat meyakinkan rakyat kerajaan non-Muslim untuk menerima Islam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H