Bandung, 7 September 2024 -- Marshanda Chairunissa seorang mahasiswi Fakultas adab humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan Sastra Inggris telah berhasil menyelesaikan program PPL sebagai KOL Spesialist selama 3 minggu di P.T Pandawa 48 Jakarta Selatan. Mulai tanggal 23 Juli hingga 14 Agustus 2024.
Di era serba digital saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi pemasaran melalui media sosial. Salah satu peran penting dalam strategi ini yaitu KOL (Key Opinion Leader) Specialist yang bertugas mengelola hubungan influencer untuk memperkuat citra brand target pemasaran. Ada banyak manfaat dalam magang pada mahasiswa seperti memberikan mahasiswa pengalaman langsung di dunia kerja, mengembangkan keterampilan profesional seperti komunikasi, manajemen waktu dan kerja sama dengan tim. Dalam era digital saat ini, pemahaman dan keterampilan dalam digital marketing menjadi sangat penting. Tugas saya sebagai KOL Specialist yaitu berkomunikasi dan bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan citra brand untuk mempromosikan produk. Meskipun melar belakang Sastra inggris kemampuan berkomunikasi, menulis bahkan berpikir kritis yang saya kembangkan selama perkuliahan ternyata sangat berguna. Saya menggunakan kemampuan tersebut untuk menganalisis gaya influencer mulai dari engagement rate, jumlah followers hingga rate card postingan influencer. Pengalaman magang inilah bisa memberikan kesempatan besar untuk mengeksplor hal hal baru di luar bidang akademik yang saya ampu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H