Lihat ke Halaman Asli

Marsella Tresina

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Mengasah Kemampuan Softskill dan Hardskill Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Diperbarui: 29 November 2023   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bermanfaat guna memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan melalui aktivitas di luar perkuliahan. Dalam program magang ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri nyata selama kurang lebih satu semester (4 – 6 bulan). Tentunya dengan adanya program MBKM ini akan memberikan manfaat yang cukup luas.

Pada akhir Agustus tahun 2023 diadakan penerjunan seluruh mahasiswa magang Fakultas Hukum Universitas Jember yang lolos seleksi pada instansi Pemerintah Kabupaten Jember, diantaranya ada yang bergabung dengan bagian dalam sekretariat daerah seperti bagian hukum, bagian organisasi, bagian tata pemerintahan, dan bagian pengadaan barang dan jasa, untuk sisanya disebar ke dinas-dinas daerah setempat seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Sekretariat DPRD, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kesehatan, dan RSD dr. Soebandi. Dalam masing-masing UPD dan OPD tersebut diisi paling tidak 2 hingga 4 mahasiswa.

Meski mahasiwa magang berasal dari fakultas hukum, penempatannya tidak hanya di sebar pada OPD bagian hukum pemerintah Kabupaten Jember saja, salah satunya yakni ada yang disebar di OPD bagian organisasi. Pada OPD bagian organisasi ini dikepalai oleh Ibu Agustin Eka Wahyuni, S.STP,M.Si. sedangkan mentor bagi para mahasiwa yang bertempat di OPD Bagian Organisasi adalah Ibu Rima Purnamasari, S.E.

Selama magang berlangsung, para mahasiswa diberikan cukup banyak kegiatan yang membantu, diantaranya yakni  :  Membuat template power point (PPT) tentang Digitalisasi Penanganan Stunting, Peningkatan Investasi, Pengendalian Inflasi, Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negri (P3D), serta Menunggu dan mendata kehadiran peserta Rapat RB Tematik Pengentasan Kemiskinan serta mengikuti Rapat RB Tematik Pengentasan dan mencatat notulensi Merevisi dan merapikan file  “Surat Edaran Bupati” nomor  065/245/1.31/2023 tentang Penerapan Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember, Membuat Resume Peraturan Bupati Jember No 65 dan PP No 02 Tahun 2012, Melakukan pengecekan Peraturan Bupati Jember Tahun 2023 Tentang Kode Klasifikasi Arsip dan Kode Lingkungan Perangkat Daerah dan Unit kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember, Mengikuti dan memeriahkan kegiatan carnaval yang diadakan Pemerintah Kabupaten Jember (menggunakan pakaian adat Bali).

Membantu mencarikan informasi mengenai persyaratan pendaftaran Pilot Project MOOC Pelatihan Khusus Anlisis Kebijakan (KAK), Membuat perbandingan Permendagri 1 Tahun 2023 dan Permendagri 54 Tahun 2009, Merekap surat-surat seperti surat masuk dan keluar, Merapikan file restra perubahan kecamatan di Kabupaten Jember serta mengupload file restra perubahan tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Jember di masing-masing website menpan, Menjaga absensi “SOSIALISASI TATA NASKAH DINAS” di BKPSDM. Mengumpulkan data kegiatan OPD dengan mencari video unggahan tentang nilai berakhlak di youtube, Mencari dan Mengumpulkan data mengenai penghargaan yang diterima Kabupaten Jember periode 2023, Membuat majalah di Canva tentang penghargaan yang telah diterima Pemerintah Kabupaten Jember, Mendata data PPID seluruh Kecamatan di Kabupaten Jember yang berjumlah 31 kecamatan, Memindahkan serta merekap formulir HPAK ke DUPAK, Berpartisipasi dalam take video MMP di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Menggabungkan seluruh rekapan data PPID Kecamatan di Jember total terdapat 31 Kecamatan, Merekap rincian biaya perjalanan dinas, Membuat Perjanjian Kinerja Tahun 2023 Sekretariat Daerah Kabupaten Jember, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa mahasiswa magang yang bergabung dalam OPD Bagian Organisasi cukup terlibat secara langsung dalam aktivitas internal institusi tersebut, sehingga dari hal tersebut dapat kita ketahui bahwa dengan adanya program magang MBKM ini benar-benar dapat mengasah soft skill dan hard skill dari para mahasiswa yang akan bermanfaat ketika nantinya akan terjun langsung ke dunia pekerjaan. Selain itu manfaat yang akan didapatkan oleh mahasiswa magang antara lain akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang, pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas, pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri dan Sektor yang diminati, jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang, serta mengasah kemampuan untuk bersosialisasi dalam lingkup masyarakat.

Berikut link youtube kegiatan magang MBKM di Bagian Organisasi Pemkab Jember 2023 : 





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline