Lihat ke Halaman Asli

Marselina Marsan

Mahasiswi KPI UMJ Beasiswa 1000 Da'i BAMUIS BNI

Ketika Mencintai Seseorang

Diperbarui: 10 Mei 2024   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ketika kamu menemukan perempuan yang kamu kagumi maka lihatlah kondisi perempuan itu:

1. Dia tidak terikat dalam suatu pernikahan atau pertunangan yang sudah disepakati; jadi kamu bisa saja mengungkapkan padanya secara langsung dengan kata2 sopan tapi bukan berkhalwat, tidak masalah kamu menyampaikan bahwa dirimu kagum padanya & ingin menikahinya. Kalau dia setuju, kamu pun bisa membuat janji untuk menemui keluarganya.

2. Dia terikat dengan jalinan pernikahan atau pertunangan yang sudah disepakati; jadi:

- simpan baik2 rasa kekaguman itu, jangan merusak hubungan perempuan itu dengan suami atau tunangannya... itu dosa besar. 

  

"Barang siapa mencintai (seseorang yang tidak dibolehkan untuk dinikahi) lalu dia menjaga kehormatan & menyimpan rapat2 rasa itu kemudian dia meninggal, maka dia meninggal dalam keadaan syahid". Hadits yang sanadnya tidak dha'if menurut Syekh Abdullah al-Ghumari rahimahullah yang mempelajari sanad2nya.

- menjauhlah dari perempuan itu, minta pindah kerja ke luar dari kota tempat perempuan itu bekerja jika memungkinkan.. delete nomor & account medsos perempuan itu... jika melihat perempuan itu misalnya tidak datang kerja dll, jangan menanyakan kabar perempuan itu pada rekannya.

Nah kondisi dirimu itupun ada 2: 

1. Siap menikah; ya ketika menemukan perempuan yang kamu kagumi itu tidak ada terikat dengan hubungan pernikahan/tunangan, maka silahkan tadi untuk menemui & melamarnya.

2. Kamu tidak siap menikah; maka tidak perlu lah mendekat si perempuan. Untuk apa kamu membuatnya menaruh harapan padamu yang tidak siap.  

Jadi syarat kamu mengajukan keinginan itu adalah saat:

1. Perempuan tidak terikat hubungan pernikahan/pertunangan. 

2. Kamu sudah siap menikah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline