Lihat ke Halaman Asli

Marselia Jayustin Gurung

Mahasiswa Universitas Pamulang

Pengabdian kepada Masyarakat, Maraknya Cyberbullying di Kalangan Remaja

Diperbarui: 15 Agustus 2023   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Pengabdi Universitas pamulang, dok. pribadi

Tidak bisa dipungkiri, pada masa ini masa di mana akses digital semakin canggih, semua hal apapun itu bisa diakses dan bisa dilakukan di platform digital ataupun sosial media. Dengan begitu, membuat maraknya tindakan cyberbullying yang dilakukan oleh anak remaja, terutama anak-anak sekolah yang berusia remaja.

Dengan begitu, Mahasiswa semester 6 Fakultas Hukum Universitas Pamulang  mengambil momentum itu untuk memberikan edukasi-edukasi tentang Kenakalan Remaja. Yang dimana Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMAN 46 Jakarta pada Rabu dan Kamis, 12-13 Juli 2023.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu kewajiban mahasiswa untuk memenuhi syarat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang mana Tri Dharma Perguruan Tinggi itu memiliki tiga kompenan, Pendidikan, Penelitian, dan yang terakhir ada Pengabdian.

Pada penyuluhan yang diberikan pada 137 siswa di SMAN 46 Jakarta ini berjudul "Sosialisasi dan Edukasi Tentang Maraknya Cyberbullying yang Terjadi di Kalangan Usia Remaja" Karena melihat situasi dan kondisi di era sekarang, siapapun bisa melakukan tindakan bullying, pun sekarang bullying bisa dilakukan di sosial media. Pembahasan yang penting Narasumber sampaikan, bahwa siapapun bisa melakukan tindakan cyberbullying tanpa pandang buluh. Tindakan tersebut juga sangat berdampak bagi korban, yang dimana adalah korban menjadi merasa stress, mentalnya tidak sehat, selalu menjauhkan diri dari keramaian, hingga ada yang merasa ingin sekali mengakhiri hidupnya.

Hingga pada sesi tanya jawab, siswa-siswi SMAN 46 Jakarta ini sangat inisiatif dan ingin mengetahui bagaimana cara untuk menghindari, menanggani, hingga melaporkan tindakan cyberbullying tersebut. Pada kesempatan itu narasumber dengan tegas mengatakan "Cyberbullying yang kalian lakukan di hari ini, akan berdampak bagi teman-teman kalian di lain hari. Ingat tabur tuai itu berlaku, apapun yang kalian tabur, itulah yang akan kamu tuai nantinya"

Ibu Maryana Sipayung selaku Wakil Kepala Sekolah SMAN 46 Jakarta juga mengatakan akan menindaklanjuti dan menindak tegas bagi siswa-siswi SMAN 46 Jakarta yang melakukan tindakan bully, baik itu di sekolah, di luar sekolah, maupun di sosial media.

Pada akhir kegiatan pengabdian ini, kami Mahasiswa Universitas Pamulang yang melaksanakan PKM memberikan cendra mata yang diwakilkan oleh Dosen Pembimbing yakni Ibu Anak Agung Dewi Utari, S.H., M.H. Kepada Pihak Sekolah SMAN 46 Jakarta.

 

Bersama Wakasek dan Siswi SMAN 48 Jakarta Pada Saat Sesi Tanya Jawab, dok. pribadi

Penyuluhan Terkait Edukasi dan Dampak Cyberbullying, dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline