Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Sosialisasi Aplikasi "MyPMP" sebagai Dashboard Penjualan pada Kegiatan Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat Pemula di UMKM 'fiar Store'

Diperbarui: 9 Desember 2023   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Perencanaan Kegiatan dengan Anggota  PKM (Dokpri)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Catur Insan Cendekia(UCIC) di tahun 2023 dilaksanakan melalui Skema Pemberdayaan Masyarakat Pemula(PMP). Kegiatan PKM ini didanai dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Ristek Dikti. Kegiatan Pkm skema PMP merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang diadakan dalam rangka kolaborasi antara perguruan tinggi dan mitra usaha untuk memberdayakan potensi ekonomi maupun non ekonomi yang ada di masyarakat. Tim PkM PMP UCIC terdiri dari 3 orang dosen lintas keilmuan, yaitu Marsani Asfi, M.Si. dengan keilmuan komputer dan sistem informasi, Bapak Amroni, M.M. dengan keilmuan Manajemen serta Agung Supriyadi, M.Ak dengan keilmuan Akuntansi. Kegiatan PkM ini juga melibatkan 3 orang mahasiswa lintas program studi.

Objek atau mitra kegiatan pelaksanaan PkM adalah UMKM ‘Fiar Store’ yang merupakan usaha rumahan yang menjual parfum secara online. UMKM ini berada di Desa Banjarwangunan Kec. Mundu Kab. Cirebon. UMKM ‘Fiar Store’ ini sudah menjalani aktifitas penjualan online sejak tahun 2020, ketika COVID-19 mulai masuk ke Indonesia serta banyaknya karyawan yang di rumahkan dan perusahaan-perusahaan yang berhenti beroperasi.

Durasi pelaksanaan PkM adalah 6 bulan. Diawali di bulan Juli 2023. Kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat Pemula (PMP) diawali dengan rapat internal semua anggota tim yang terlibat dalam kegiatan. Pelaksanaan dilaksanakan di ruang CIC Hub kampus UCIC Cirebon. Ada 3(tiga) orang dosen dengan 3(tiga) orang mahasiswa yang aktif terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan diskusi awal, terlihat pada Gambar 1  yang membahas tentang Perencanaan Kegiatan serta membahas permasalahan yang akan diselesaikan di mitra dalam kegiatan PkM. Dari usulan kegiatan ada 2(dua) hal yang akan diselesaikan oleh Tim PKM dimitra ini, yaitu (1)proses mendigitalisasi Manajemen khususnya penjualan, retur dan komplain dari konsumen. (2) optimalisasi pemanfaatan tool digital marketing melalui facebook ads tentang proses Pemasaran Produk.

Sosialisasi Aplikasi MyPMP.

Untuk proses digitalisasi manajemen penjualan dilakukan dengan melakukan sosialisasi  aplikasi MyPMP. Aplikasi MyPMP merupakan aplikasi manajemen penjualan, retur dan pendataan komplain atas status penjualan. Aplikasi MyPMP merupakan aplikasi yang dibuat dari hasil penelitian dosen dan mahasiswa di program Studi Sistem Informasi. Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan didua tempat, pertama di Kampus UCIC dan di tempat Mitra. Pelaksanaan sosialisasi pertama dikampus UCIC dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2023.

 Dokpri

Kegiatan sosialisasi diawali dengan penyampaian informasi terkait teknologi Informasi. Selanjutnya disampaikan juga cara penggunaan aplikasi MyPMP dan fungsi-fungsinya. Sosialisasi selanjutnya dilaksanakan di tanggal 12 Nopember 2023, ditempat Mitra.

gambar-4-6573d43fde948f696353aa75.jpg

Sosialisasi kedua ini lebih menekankan pada penjelasan detail cara penggunaan aplikasi dan hal-hal teknis dari aplikasi. Diakhir kegiatan sosialisasi baik di kampus maupun ditempat mitra disampaikan tentang pentingnya penggunaan teknologi informasi dalam dunia usaha. Serah terima atas aplikasi yang digunakan juga dilakukan diakhir kegiatan sosialisasi.

gambar-5-6573d484de948f0df30a21c2.jpg

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline