Lihat ke Halaman Asli

Artikel Singkat Perbandingan Kurikulum di PAUD

Diperbarui: 28 Desember 2024   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA: PERBANDINGAN PRAKTIK DI TK ST. PAULUS KARUNI DAN TK MARSUDIRINI

OLEH 

Theresia Melania Jawa

Elisha Kaka

Anastasia Saingo

Samuel Dapa Sapu

Apliana Regita Ina

Riskyiard 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas strategi berbasis kurikulum merdeka dengan membandingkan praktik yang diterapkan di Tk St. Paulus Karuni dan Tk Marsudirini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, serta tantangan yang dihadapi oleh kedua lembaga dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tk. Marsudirini lebih menekankan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan bermain aktif, dan menerapkan beberapa metode yaitu bermain peran, Tanya jawab dan demonstrasi, sementara Tk St Paulus mengutamakan pembelajaran yang bermain bebas atau seperti biasa-biasa saja. Meskipun terdapat beberapa perbedaan TK menunjukkan perkembangan positif dalam aspek kognitif, sosial dan emosional anak kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, pelatihan guru dan adaptasi terhadap kurikulum baru. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan pelatihan guru dan pengadaan media pembelajaran yang memadai untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka secara optimal.

BAB I

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline