Lihat ke Halaman Asli

marlo barcelona

Mengajar, Mendidik, Melatih

Semangat Harkitnas, Menumbuhkan Karakter Tangguh dan Berintegritas

Diperbarui: 20 Mei 2024   22:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Osis

Pada tanggal 20 Mei 2024, SMP Regina Pacis Jakarta menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Harkitnas dengan penuh semangat dan kemeriahan.  Upacara bendera berlangsung di lapangan Regina Pacis Jakarta, upacara bendera ini diikuti oleh Peserta didik SMP dan SMA, pendidik SMP dan SMA, Suasana khidmat dan penuh semangat mewarnai jalannya upacara. Bendera Merah Putih dikibarkan dengan penuh rasa hormat dan cinta tanah air, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan dengan penuh penghayatan.

Tanggal 20 Mei, bukan hanya menjadi momen untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan, tetapi juga menjadi momentum penting dalam dunia pendidikan. Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei sebagai momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tanggal ini menandai berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908, yang menjadi tonggak awal kebangkitan nasionalisme Indonesia. Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tidak hanya menjadi momen untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan, tetapi juga menjadi momentum penting dalam penumbuhan dan penguatan karakter peserta didik dan guru. Melalui peringatan ini, peserta didik dan guru dapat mengembangkan semangat Compassion, Collaborative, Critical Thinking, Communication, Creativity, Character . Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai ini, peserta didik dan guru akan menjadi pribadi yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Dokumen Osis

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bukan hanya momen untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan, tetapi juga menjadi momentum penting dalam penumbuhan dan penguatan karakter generasi Cerdas. Nilai-nilai Harkitnas dapat menjadi panduan bagi peserta didik dan guru untuk membangun kepribadian  yang berwawasan luas dan berintegritas.

Nilai-nilai yang menjadi acuan untuk kemajuan Guru dan peserta didik, diantaranya :

1. Compassion (Kepedulian): Harkitnas mengingatkan kita tentang semangat para peserta didik dalam memperjuangkan kemerdekaan, yang dilandasi oleh rasa kepedulian terhadap penderitaan rakyat Indonesia. Nilai kepedulian ini harus ditanamkan pada peserta didik agar mereka Peduli terhadap sesama: Peserta didik harus saling membantu dan mendukung satu sama lain, terutama dalam menghadapi kesulitan.

2. Collaborative (Kolaboratif): Semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang terwujud dalam Harkitnas menunjukkan pentingnya nilai kolaboratif. Nilai kolaboratif ini harus ditanamkan pada peserta didik agar mampu bekerja sama dengan baik dengan orang lain, saling menghargai perbedaan, dan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.

3. Critical Thinking (Berpikir Kritis): Semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan menunjukkan pentingnya nilai berpikir kritis. Nilai berpikir kritis ini harus ditanamkan pada peserta didik agar  Mampu memecahkan masalah  dengan cara yang kreatif dan inovatif.

4. Communication (Komunikasi): Harkitnas mengingatkan kita tentang pentingnya komunikasi dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai komunikasi ini harus ditanamkan pada peserta didik agar Mampu berkomunikasi dengan baik ,menyampaikan ide dan gagasan dengan jelas dan efektif.

5. Creativity (Kreatif): Semangat inovatif para peserta didik dalam membangun bangsa yang terwujud dalam Harkitnas menunjukkan pentingnya nilai kreatif. Nilai kreatif ini harus Mampu menghasilkan ide-ide baru, Mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang inovatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline