Lihat ke Halaman Asli

Harga Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge yang Berbeda Jauh

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya prediksi harga Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge menemui titik terang saat pihak Samsung merilis ponsel terbaru mereka pada acara Mobile World Congress 2015 yang diadakan dari tanggal 2 hingga 5 Maret 2015 lalu di Barcelona, Spanyol. Melihat dari harga yang ditentukan, ternyata Galaxy S6 dan S6 Edge yang ditawarkan dengan 3 kapasitas memori memiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Harga Samsung S6 malah justru tidak beda jauh dari S5, sehingga lebih terjangkau dibandingkan S6 Edge. Rupa-rupanya S6 Edge sengaja dibuat sebagai produk premium yang berbeda dari S6 biasa.

Melihat Lebih Dekat Kemampuan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Pertanyaan pertama yang kemungkinan besar akan muncul adalah “apakah Galaxy S6 dan S6 Edge mampu memberikan pengguna pengalaman yang jauh lebih baik jika dibandingkan Galaxy sebelumnya?” dan hal itu berhasil dibuktikan oleh Samsung pada acara MWC 2015 beberapa waktu lalu. Untuk mereka yang masih belum tahu apa itu Galaxy S6, ponsel tersebut generasi terbaru dari Galaxy S yang telah beberapa lama menjadi seri andalan Samsung dan merupakan cara mereka menunjukkan teknologi yang dimiliki. Untuk tanggal rilis ponsel ini ke pasaran masih belum dikonfirmasi lebih lanjut oleh pihak Samsung, tapi kemungkinan besar akan siap dibawa pulang pada tengah April (rumor mengatakan tepatnya meluncur ke pasaran tanggal 10 April), jadi nampaknya untuk sementara kita harus puas dengan ulasan teknologi yang dibawa oleh ponsel ini.

Perbedaan desain bodi dan layar

Sebelum dirilis secara resmi pada MWC 2015, sudah banyak bocoran yang keluar mengenai bagaimana desain dari ponsel terbaru milik Samsung ini, dan ternyata bocoran tersebut memang 100% akurat. Ponsel ini merupakan gabungan dari fiberglass dan baja, dengan material baja yang nampak mendominasi ponsel. Pembanding yang cocok untuk ponsel sekelas ini mungkin adalah seri Xperia Z milik Sony, dan bahkan setelah dibandingkan ternyata ponsel ini masih menang dari segi keringkasan dan bisa lebih cocok di tangan penggunanya.

Ponsel ini sementara baru dirilis dalam versi biasa dan Edge, dimana Edge memiliki desain bodi yang sedikit berbeda, yaitu terdapat lekukan di bagian sisinya yang merupakan layar tambahan. Untuk dimensi ponsel, versi normal memiliki panjang dengan ukuran 5,65 inci dan lebar 2,78 inci, sementara untuk tebalnya sendiri hanya berukuran 0,27 inci. Ukuran Galaxy S6 Edge tidak terlalu berbeda dengan panjang berukuran 5,59 inci dan lebar 2,76 inci, serta ketebalan yang berukuran 0,28 inci.

Meskipun ukurannya dengan iPhone 6 tidak berbeda jauh, ternyata layar dan resolusi yang berhasil dimasukkan oleh Samsung pada ponsel utama mereka jauh lebih unggul dibandingkan ponsel berlogo apel tersebut. Layar yang disediakan oleh Galaxy S6 memiliki ukuran 5,1 inci, dimana pada Edge layar ini sedikit melebar pada sisinya. Layar yang bisa dibilang cukup besar tadi juga datang dengan resolusi 1440 x 2560 piksel, yang berarti kerapatan pikselnya tiap inci ada di kisaran angka 577 piksel per inci. Untuk proteksi layar sendiri, ia kini dilengkapi Gorilla Glass 4 yang diharapkan bisa mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dapur pacu mumpuni yang sama

Mesin utama Samsung Galaxy S6 datang dengan dua pilihan, dimana dua-duanya menggunakan chipset Exynos 7420 dimana salah satunya adalah Cortex-A53 dengan 4 inti yang masing-masingnya berkecepatan 1,5 GHz dan satunya lagi adalah Cortex-A57 dengan jumlah core yang sama dan kecepatan clock lebih tinggi, yaitu 2,1 GHz pada masing-masing core. Untuk unit pemrosesan citra, yang dipercaya untuk mengerjakan tugasnya adalah Mali-T760. Keseluruhan komponen-komponen ini kemudian dibantu oleh RAM dengan kapasitas 3 GB untuk menjalankan sistem operasi yang digunakan.

Sistem operasi

Mengingat ponsel ini baru akan dirilis ke pasaran sekitar bulan April 2015, tentu saja Samsung akan menggunakan sistem operasi Android yang paling baru juga, yaitu Android versi 5.0.2 atau yang oleh orang-orang juga dikenal dengan nama Lollipop. Untuk UI, Samsung kembali memaksa penggunanya untuk menggunakan TouchWiz UI yang mereka kembangkan sendiri dan seringkali menuai masalah karena ia memakan terlalu banyak ruang pada memori. Meskipun sekarang TouchWiz sudah semakin sering dioptimalkan, tetap banyak orang yang tidak menyukainya, jadi bisa dibilang ini merupakan salah satu masalah utama dari Galaxy S6.

Kamera yang digunakan

Salah satu fitur S6 yang ditunggu-tunggu oleh orang banyak adalah kameranya, karena kini Samsung menyombongkan kemampuannya untuk menggunakan teknologi kamera yang cukup canggih dengan ketajaman yang luar biasa juga, yaitu 16 megapiksel dan bisa mengambil gambar berukuran maksimal 2988 x 5312 piksel. Kemampuan yang dimiliki oleh kamera ini antara lain adalah penstabil citra optik, fokus otomatis, kilat LED, geo-tagging, fokus menggunakan sentuhan, deteksi wajah, panorama, dan Auto HDR. Aperture dari kamera utama ini adalah f1.9, dimana ia akan menjadi sangat bagus jika mengambil gambar dalam keadaan miskin pencahayaan. Secara keseluruhan, kamera ini merupakan kemajuan yang cukup pesat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk kamera depan, perbedaan sensor ketajamannya cukup jauh dimana ia hanya dilengkapi dengan ketajaman 5 megapiksel. Meski bedanya jauh, sensor ketajaman tersebut dinilai sudah cukup maju untuk hitungan kamera sekunder.

Fungsi perekaman video yang dimiliki oleh kedua ponsel ini juga cukup baik, dimana kamera utamanya mampu merekam dalam 3 mode. Mode yang pertama adalah mode dengan resolusi video 2160p dan jumlah frame per detiknya sebanyak 30, sementara mode kedua adalah 1080p dengan 60 frame tiap detiknya, dan yang terakhir adalah 720p yang bisa menangkap hingga 120 frame per detiknya. Perekaman video ini bisa melakukan perekaman dual-video dan sudah dilengkapi HDR. Untuk kamera depan, hanya bisa mengambil video dengan resolusi 1080p dan 30 frame tiap detik.

Penyimpanan besar ganti hilangnya slot SD card

Dalam penggunaan ponsel apapun, masalah media penyimpanan memang selalu menjadi hal yang cukup pelik, dan begitu juga yang terjadi dengan Galaxy S6.Untungnya kini Samsung dengan baik hati menawarkan 3 jenis ukuran media penyimpanan internal yang berbeda yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB untuk S6 biasa serta 16GB, 32,GB, dan 128GB untuk S6 Edge. Sayangnya ini dilakukan sebagai kompensasi akan hilangnya slot SD card pada ponsel ini.

Baterai dari Samsung Galaxy S6

Masalah lain yang sering muncul ialah kapasitas baterai ponsel yang selalu dinilai kurang cukup, dan begitu juga yang terjadi kali ini. S6 muncul dengan baterai berukuran 2550 mAh, lebih kecil dibanding tahun kemarin. Ini mungkin berarti Samsung berhasil membuat seluruh komponennya menjadi lebih efisien jadi bisa menggunakan baterai yang lebih kecil, tapi jika bukan itu maka kemungkinan S6 akan kalah di pasaran. Tapiponsel ini mampu melakukan pengisian daya nirkabel, dan untuk memainkan video berdurasi 2 jam hanya membutuhkan pengisian daya selama 10 menit. Untuk S6 Edge sendiri ditawarkan kapasitas yang lebih besar, yaitu 2600 mAh, bisa dibilang bukan perbedaan yang terlalu jauh.

Dikutip dari http://hargasamsung.com diketahui bahwa S6 dan S6 Edge mempunyai harga di atas 9 jutaan saat nanti launching, apalagi memori teratas dari S6 Edge yaitu 128GB yang dibanderol amat mahal, bahkan lebih tinggi dari versi S6 biasa ukuran 128GB.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline