Lihat ke Halaman Asli

Sudah Benarkah Etika Anda dalam Berbahasa?

Diperbarui: 12 Maret 2021   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era modern ini, banyak orang terutama pada anak-anak memperhatikan penggunaan bahasanya. Kata-kata kasar yang tidak patut untuk dikeluarkan juga sering terlontar ketika sedang berbicara.
Dan hal seperti itu sudah di anggap biasa oleh orang-orang. Kesadaran mereka akan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang benar serta memilih kata-kata yang santun semakin menurun.
Memiliki etika yang baik pun sangat penting. 

Akhir-akhir ini, perilaku anak-anak muda sekarang semakin mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat. Ketidaksantunan dalam berbicara dapat menyebabkan kesalahpahaman atau ketersinggunan antara pihak yang sedang berkomunikasi. kata-kata yang dikeluarkan seseorang pun seringkali menyinggung perasaan orang lain karena kata-kata itu mungkin terlalu kasar, berisi hinaan, melecehkan dan menyakiti perasaan orang lain. 

Hal ini dapat mengakibatkan korban pertengkaran, perselisihan bahkan penyerangan antara pihak yang sedang berkomunikasi.
Maka, untuk membangun bangsa yang lebih berkualitas dan maju, baik untuk kita, juga mulai membenahi diri masing-masing. Jadi, berbahasa yang santun dan sopan serta memiliki perilaku yang baik merupakan faktor pendukung kemajuan bangsa.

Penulis : Marlia Sri Hardiyanti ( Mahasiswa Universitas Pamulang, Sastra indonesia)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline