25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia
Berbagai cara dalam pengendalian mutu, baik mutu karyawan ataupun mutu produk yang dihasilkan, salah satunya adalah membudidayakan Filosofi KAIZEN, yaitu melakukan perubahan terus menerus, KAIZEN dilakukan dengan metode QCC atau QUALITY CONTROL CIRCLE. Cara inilah yang di pakai oleh Toyota dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas para karyawannya, sehingga dapat menghasilkan dan menjaga mutu barang yang diproduksi. Semangat Kaizen dan metode QCC dapat juga dilakukan oleh berbagai pihak, seperti saya misalnya yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.
***
Saya sangat antusias mengikuti Acara peluncuran buku " Perubahan Tiada Henti" Tanggal 16 Agustus 2016, Bertempat di Ruang Ruby, Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat Unit II lantai 7. Jalan Palmerah Barat No.29-37, Jakarta Pusat. Sebagai peserta acara "Coverage Peluncuran Buku 25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia" acara tersebut sangatlah menarik, karena banyak Filosofi yang dapat saya petik dan dapat saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari saya.
Ketika memulai program QCC Toyota Indoensia membuat kelompok QCC percontohan. Pada awalnya program ini merupakan program wajib bagi para karyawan. disini terjadi pemaksaan dari para atasan agar karyawan melakuan program QCC ini, selain itu manajemen juga memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk mengembangkan embrio QCC di Toyota Indonesia. Ada delapan langkah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan metode QCC:
1. Identifikasi Masalah dan Menentukan Tema
2. Analisis Kondisi yang ada
3. Menetapkan Target dan Membuat Rencana Kerja
4. Analisis Penyebab dan Menentukan Penyebab yang Dominan
5. Merencanakan Penanggulangan
6. Melaksanakan Penanggulangan