Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Situs Perbandingan Harga

Diperbarui: 24 Agustus 2015   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat, apalagi disektor ecommerce yang kian menjamur,terbukti dengan banyaknya toko online yang bermunculan. Banyaknya toko online kadang membuat pusing pembeli untuk menentukan barang yang akan dibeli.  Terutama pembeli yang mementingkan masalah harga dan perbandingan dengan produk lain, sehingga bermunculan situs perbandingan harga yang muncul di Indonesia.

Mungkin kenayakan dari kita saat ini tanpa sadar telah menikmati produk ini, situs perbandingan harga yang menghadirkan berbagai produk dan Anda tidak perlu membuka semua situs untuk mencoba perbandingan harga. Cukup masukkan kata kunci di kotak pencarian barang yang anda cari, barang yang adna cari sudah tersedia dengan perbandingan harga didalamnya.
 
Hal ini tentu bukan perkara mudah, selain harus didukung oleh para ahli komputer, pengembangan situs mesin pencari juga perlu proses dan belajar karakter dan sifat penduduk kota. Umumnya, kota-kota di negara-negara berkembang dan yang memiliki sifat konsumtif adalah lahan subur untuk pengembangan e-commerce, di mana setiap individu memiliki kecenderungan untuk berbelanja dan memiliki daya tarik dengan dunia teknologi, khususnya internet.

Dalam literatur, sebuah situs pencarian belanja untuk membantu pembeli dengan cara yang bekerja belanja situs pencarian atau perbandingan harga hanya menyediakan data dalam bentuk harga dari berbagai toko online. Tidak hanya itu alat untuk pembeli juga menyediakan informasi rinci dan spesifikasi untuk deskripsi singkat dari sebuah produk, hal ini tentunya dimaksudkan untuk memudahkan pengguna atau pembeli dalam kegiatan mereka. Jika demikian, hal penting tentang perbandingan harga untuk pengguna Internet tidak lagi pengetahuan seperti biasa, bahkan cenderung ingin diketahui oleh orang pembeli lain. Hal ini karena tingkat pengetahuan dan karakter penduduk yang cenderung 'mengikuti' dan konsumtif. Benar?

Misalnya Inkuiri  sebuah situs perbandingan harga yang hadir di Indonesia adalah salah satu contoh kesuksesan besar di wilayah Asia Tenggara. Menurut pengamatan Kami tidak hanya berakhir di sana, beberapa negara tetangga juga perlahan disusupi situs yang diprediksi akan menjadi tren dalam waktu ke depan. Itu adalah situs perbandingan harga.

Berbeda dengan Jepang dan negara-negara maju di Amerika dan Eropa serta pertama yang menggunakan e-commerce model bisnis seperti ini, di negara-negara berkembang situs perbandingan harga telah lama digunakan, dan bahkan mungkin telah menjadi kegiatan sehari-hari yang biasa

7 kunci penting dari situs perbandingan harga
 

* Keakuratan ketersediaan data produk
* Kecepatan waktu pencarian
* Memiliki tampilan yang menarik
* Mudah digunakan untuk mencari
* Memiliki fitur tambahan yang menguntungkan pengguna
* Memberikan informasi tambahan melalui fasilitas buletin
* Layanan mobile Dilengkapi

Setelah beberapa telah dimiliki dan selalu mempertahankan kinerja dan kinerjanya, maka bukan tidak mungkin pembeli akan mengunjungi dan merasa puas. Selain itu, dalam perjalanan waktu disisipkan dengan hadiah menjadi program yang lebih bervariasi, lebih lanjut akan menambah kesegaran pembeli online untuk kembali mengunjungi situs.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui hal-hal penting tentang perbandingan harga untuk internet user / pembelanja online, terutama di wilayah Asia Tenggara? Penulis harapkan Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang ini atau setidaknya tahu generasi tren e-commerce. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline