Lihat ke Halaman Asli

Perilaku Ceroboh Warga Membuang Sampah Sembarangan Berujung Banjir dan Kerusakan Lingkungan

Diperbarui: 28 April 2024   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Permaslahan mengenai sampah merupakan hal yang sangat membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak dan warga sekita. Karena untuk saat ini sampah masih menjadi persoalan yang mendapati kegagalan dahal hal penanganannya. Padahal jika dilihat dari dampak yang pasti terjadi dalam masyarakat jika penaggulangan sampah tidak ditangani dengan baik akan berimbas pada menurunnya kualitas kehidupan, keindahan lingkungan, potensi banjir akan lebih besar karena tidak menutup kemungkinan sampah area tersebut akan menghalangai arus air sehingga terjadi bencana alam seperti banjir dan menurunnya kualitas kesehatan warga masyarakat yang tinggal disekitar area polusi sampah.

Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh dunia. Tidak hanya dilingkungan sekitar bahkan di negara-negara berkembang, negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah. Membuang sampah merupakan hal yang sering kita lakukan padahal tidak jauh dari tempat itu ada tempah sampah, tampaknya masih banyak masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan karena beranggapan akan ada orang yang membersihkan sisa sampah miliknya. Hal ini terjadi karena minimnya rasa tanggung jawab dan kesadaran diri, membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunan, kenikmatan, dan nilai-nilai tempat umum kita. Hal ini membuat lingkungan tampak kotor dan tidak terawat, dan  membuat banyak orang tidak nyaman.

Membuang sampah sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat. Hal ini menjadi kebiasaan, karena memang sering kali terlihat beberapa masyarakat yang masih membuang sampah bukan pada tempatnya. Bahkan tempat sampah yang sudah tersedia seolah-olah tidak ada dan malah membuang sampah tersebut sembarangan.

Persoalan sampah adalah masalah yang tidak akan ada habisnya. Setiap hari orang-orang menghasilkan sampah. Sampah tidak bisa hilang dari kehidupan kita. Banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia tidak dibarengi degan kesadaran masyarakat dalam menangani sampah. Akibatnya, sampah menjadi masalah yang cukup serius.

Dibeberapa tupukan sampah yang menggenang di sungai tersebut sebenarnya bisa mengakibatkan banjir. Banjir yang sering terjadi memang bukan masalah sampah saja, bahkan banyak warga yang sering mengeluh dikarenakan masalah sampah yang mengakibatkan banjir. Padahal tanpa warga sadari penyebab banjir yang terjadi juga akibat dari perbuatan mereka sendiri yang membuang sampah sembarangan.

Seharusnya masyarakat tidak melulu menyalahkan pemerintah atas sampah yang menumpuk. Namun, masyarakat sendiri harus memikirkan bagaimana mengubah dan memulai untuk menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Sampah harus dibuang ke tempat yang tepat agar tidak menjadi masalah. Tempat sampah jangan hanya untuk dipandang, atau bahkan hanya dijadikan hiasan. Tempat sampah harus menjadi tempat untuk sampah.

Sampah-sampah itu harusnya dibuang ke tong sampah. Biar nanti diangkut petugas pengangkut sampah yang nantinya dibawa ke TPA (tempat Pembuangan Akhir). Sampah yang ada di TPA nantinya diolah, atau dihancurkan, dan dibentuk kembali menjadi bahan yang berguna.

Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan.

Membuang sampah sembarangan memiliki dampak yang merugikan lingkungan dan manusia. Beberapa dampaknya anatara lain :

  • Pencemaran Lingkunan Membuang sampah sembarangan dapat mencemari udara, air, dan tanah, menyebabkan kerusakan ekosistem yang mengganggu keseimbangan alam.
  • Ancaman Terhadap Kesehatan ManusiaPenimbunan sampah yang tidak terkelola dengan baik bisa menjadi tempat berkembang biak bagi vektor penyakit  seperti nyamuk, tikus, dan serangga lainnya. Penyakit-penyakit berbahaya  seperti demam berdarah, malaria, dan infeksi lainnya dapat menyebar dengan cepat akibat kondiri ini.
  • Kerugian Ekonomi Masalah buang sampah sembaragan ini menciptakan kerugian ekonomi yang signifikan. Biaya pembersihan, pengelolaan sampah, serta potensi kerusakan infrastuktur akibat penimbunan sampah sembarangan sangat membebani pemerintah dan warga lainnya.
  • Perlunya Edukasi dan Kesadaran Mengatasi masalah buang sampah sembarangan membutuhkan semua pihak. Masyarakat umum harus bekerja sama dalam pengelolaan sampah yang baik. Program pembersihan lingkungan, pengelolaan sampah yang berkelanjutan, serta sanksi bagi pelanggar peraturan terkait pembuangan sampah bisa menjadi langkah-langkah yang efektif.Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuang sampah dengan baik dan benar, seperti dengan memilah sampah organik dan anorganik, membuang sampah pada tempatnya, dan mendaur ulang sampah. Dengan cara ini, kita dapat mencegah dampak buruk dari membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan kita tetap sehat dan bersih. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline