Lihat ke Halaman Asli

Marius Gunawan

Profesional

Lucunya Politik Kita

Diperbarui: 29 April 2019   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: mojok.co

Politik memang beraneka cerita. Tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Jika diterjemahkan dengan rasa, maka politik bagai makan permen Nano-nano. Asam, asin, manis aneka cita rasa.

Sudut seriusnya sudah banyak penulis paparkan. Kali ini penulis mau menilik dari sudut lucu dan jenakanya.

Situasi lucu dalam politik seringkali bukan tujuan dari para politikus yang sedang menjadi aktor nya. Seringkali suasana atau tingkah tersebut justru mereka lakukan dalam rangka melakukan strategi serius. Namun justru karena itu lucunya menjadi berlipat ganda.

Seperti yang sedang terjadi saat ini. Ada sebuah video yang viral di aneka sosial media. Dalam video itu terlihat Jokowi sedang menerima jurubicara dan tim suksesnya di sebuah restoran. Terlihat bahwa para pendukungnya berbaris untuk menyalami Presiden Jokowi. 

Sumber: YouTube

Diawali oleh politikus PDIP Ardian Napitupulu, satu persatu anggota tim sukses itu menyalami Presiden Jokowi dengan salam yang sama, "Siap Pak Presiden!", seraya melakukan gerakan hormat ala tentara.

Kalau orang yang tidak tahu konteks dari tingkah itu, mungkin tidak tertawa. Karena yang diberikan salam memang presiden Indonesia Jokowi.

Namun jika mereka yang mengetahui konteks adegan tersebut pasti akan tergelak, karena apa yang dilakukan oleh para pendukung Jokowi itu adalah lelucon sindiran terhadap  Prabowo. Sebelumnya adegan yang sama dilakukan para veteran di rumah Prabowo dengan salam dan salut yang serupa "Siap Pak Presiden!". 

Pastilah para veteran yang melakukan hal itu terhadap Prabowo tidak akan mengira bahwa tindakan mereka menjadi lelucon bagi banyak orang. Karena mereka lakukan adegan itu pada Prabowo adalah sebagai tanda dukungan kepada capres 02 ini. Berdasarkan hasil survei internal, Mereka yakin bahwa Prabowo memang sudah menang dan tinggal menunggu hari pelantikan saja sebagai Presiden. 

Sebenarnya sebelum adegan yang dilakukan oleh Jokowi dan pendukungnya di atas, sudah banyak beredar adegan serupa dengan aneka versinya. Namun adegan yang dilakukan oleh Jokowi dan para pengikutnya seperti versi optimum nya karena pelakunya adalah Jokowi yang memang seorang presiden RI.

Sumber: YouTube

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline