Lihat ke Halaman Asli

Perdagangan Elektronik Sebagai Solusi Cepat dan Cerdas

Diperbarui: 21 April 2016   00:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada awalnya manusia bertukar informasi melalui bahasa, yang kemudian mengalami kemajuan hingga manusia mulai melakukan pertukaran informasi melalui gambar-gambar, dan Hingga saat ini manusia telah mencapai fase yang lebih kompleks yakni manusia dapat dengan mudah bertukar informasi dengan siapapun dan dimanapun melalui media sosial.Media Sosial tersebut sangatlah multifungsi, Bisa digunakan sebagai hiburan namun juga dapat digunakan sebagai Alat Bisnis yang dapat mendatangkan banyak kemdahan dan keuntungan.

Seiring perkembangan IPTEK ahir ahir ini memang banyak mendatangkan dampak-dampak Positif Bahkan Negatif.Banyak Hal menjadi mudah dengan Teknologi namun Banyak hal juga yang semakin Sulit akibat Teknologi.

Dalam tulisan kali ini penulis akan membahas tentang kemudahan kemudahan yang dapat diperoleh oleh masyarakat sebagai efek kemajuan teknologi yang salah satunya adalah Perdagangan elektronik.sebelum membahas keunggulan dari Perdagangan elektronik maka akan lebih baik apabila kita terlebih dahulu memahami tentang apa yang dimaksud denggan perdagangan elektronik.

Dalam Bahasa inggris sebagaimana dikutip oleh penulis dari Wikipedia bahasa indonesia perdagangan elektronik disebut dengan electronic Commerce atau e commerce yang artinya penyebaran, pembelian, penjualan , pemasaran barangdan jasa melalui sistem elektronik seperti enternet atau televise , www, atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, penukaran data elektronik, sistem inventori otomatis , dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kemajuan teknologi ini mendatangkan banyak keuntungan bagi masyarakat banyak dan tentunya yang tidak GAPTEK atau gagap Teknologi. Manfaat kemajuan teknologi ini dapat dirasakan oleh perusahaan maupun perorangan.,

Bagi Perusahaan , Perdagangan Elektronik ini atau yang dikenal dengan e Commerce dapat digunakan sebagai media untuk memperluas jaringan Bisnis, Perdagangan tradisional sangat sulit untuk mengembangkan bisnisnya dikarenakan sulitnya melakukan hubungan bisnis jarak jauh, sehingga untuk memperluas jaringan bisnisnya membutuhkan banyak waktu dan biaya.Selain untuk Memperluas Jaringan bisnis, suatu perusahaan dapat mendapat dengan mudah untuk mempromosikan produknya  dengan melalui media elektronik,seperti televisi, internet , dan sebagainya sehingga produknya dapat dikenal oleh khalayak ramai.

Bagi seorang pebisnis yang sering melakukan pengirman surat antar kantor dan sebagainya , dengan adanya perdagangan elektronik maka pengguna dapat dengan mudah mengirimkan surat, file dan segala urusan bisnisnya hanya dengan melaui E mail atau surat elektronik yang dengan hal ini akan lebih menghemat waktu karena surat bisa langsung diterima oleh penerima.

Kemudahan kemudahan lain dari perdagangan elektronik ini adalah memudahkan para konsumen untuk melakukan pembayaran langsung melalui pembayaran online dan sebagainya misalkan para konsumen PLN yang ingin membayar biaya listrik dapat melakukan pembayaran listrik melalui pembayaran online. Bagi para nasabah Bank dapat dengan mudah melakukan penarikan uang Melalui Mesin ATM, dapat pula dengan mudah melakukan transfer melalui internet banking.

Dari beberapa kemudahan inilah mengapa penulis menyatakan bahwa perdagangan elektronik merupakan Solusi Cepat dan cerdas dalam kehidupan, hal itu dikarenakan dalam melakukan segala hal kita dapat melakukannya dengan cepat hingga lebih efisien waktu dan juga dengan perdagangan elektronik ini dapat memudahkan kita untuk memenuhi setiap keinginan dan kebutuhan kita hanya dengan sebuah media, baik itu media sosial, mesin, dan sebagainya.

Selain dari kelebihan-kelebihan diatas, Perdagangan elektronik juga mempunyai beberapa sisi negatif diantaranya :

·         Banyaknya kasus penipuan yang terjadi dalam kelangsungan bisnis secara online, hal ini bisa saja menimpa produsen maupun konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline