Lihat ke Halaman Asli

Event MotoGP Mandalika 2022: Apa Dampak yang Ditimbulkan?

Diperbarui: 28 April 2022   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Baru-baru ini sempat menjadi perbincangan hangat dan trending di berbagai media sosial mengenai penyelenggaraan mega-event MotoGP yang diselenggarakan di Mandalika International Street Circuit,Lombok,Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 hingga 20 Maret 2022. 

Event ini berperan penting dalam bangkitnya pariwisata Indonesia setelah diterjang oleh adanya Pandemi Covid-19. Suksesnya penyelenggaraan event berkancah Internasional ini ternyata memiliki dampak yang timbul  jika dilihat dari berbagai aspek, seperti ekonomi,sosial budaya,dan politik.

Event MotoGP Mandalika 2022 menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, sebab dari penyelenggaraannya bisa meraup keuntungan sebesar Rp 500 miliar. Keuntungan ini berasal dari jasa transportasi,sektor penerbangan,okupansi hotel, UMKM, akomodasi, dan lainnya. 

Menurut Mandalika Grand Prix Association (MGPA), penonton asal NTB mencapai 8,9 %, sisanya sebesar 91,1% berasal dari luar NTB. 

Dari angka tersebut bisa diprediksi berapa banyak akomodasi yang digunakan untuk wisatawan luar NTB mulai dari hotel,penginaan,homestay, bahkan permintaan wisatawan meningkat akibat tingginya kedatangan wisatawan tersebut.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB mengatakan, tingkat okupansi hotel bintang lima di seumlah kawasan di Lombok pada 17-21 maret 2022 sudah mencapai 100% yang mana sebelumnya hanya terisi sekitar 30%.

Selain itu, tenaga kerja lokal ikut berperan dalam pembangunannya sehingga membuka kesempatan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lokal yang mencapai 11 ribu pekerja dan diprediksi meningkat sebesar 50-70 ribu lapangan kerja saat event MotoGP berlangsung.

Peningkatan ekonomi juga didukung oleh promosi-promosi yang dilakukan oleh para riders yang membagikan momen dan pengalaman saat berada di Mandalika, bahkan akun instagram resmi MotoGP mengunggah postingan dengan caption "a weekend with so many cool moment" yang menjadi sebuah pengakuan besar di mata global.

Selain dari kacamata ekonomi, penyelenggaraan event MotoGP ini juga berdampak baik jika dilihat dari sisi sosial dan budaya. Pada saat MotoGP berlangsung, para riders memperkenalkan budaya Indonesia melalui promosi di media sosial bahkan ada beberapa yang meniru atraksi pawang hujan yaitu Mba Rara saat melakukan ritual menghentikan hujan. Hal ini sempat menjadi trending di media sosial dan memunculkan berbagai pandangan baik positif maupun negatif. 

Miguel Olivera, sang juara pertama MotoGP Mandalika 2022 menyampaikan sambutan yang menyatakan kesannya saat menginap di sebuah hotel. 

Bahkan sambutan tersebut langsung tertuju pada Risman yang merupakan salah satu staff hotel tempat ia menginap "Saya mau mendedikasikan kemenangan ini untuk Risman, salah satu staff hotel di tempat saya menginap. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline