Lihat ke Halaman Asli

Marisa Fitri

Mahasiswa

Cerpen, Seluas Samudera Menyapamu

Diperbarui: 22 Juli 2024   07:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Seluas Samudera Menyapamu

Di sebuah desa kecil di pesisir selatan Jawa, tinggallah seorang gadis bernama Larasati. Sejak kecil, Larasati sudah terbiasa dengan deburan ombak dan aroma laut yang khas. Bagi Larasati, laut adalah sahabatnya, tempatnya untuk bermain, belajar, dan mencari ketenangan.

Larasati memiliki rasa cinta yang besar terhadap laut. Dia selalu kagum dengan keindahan dan kemegahan laut. Dia suka mengamati ombak yang datang dan pergi, mendengarkan suara angin yang bertiup, dan memandangi langit yang luas membentang di atas laut.

Suatu hari, Larasati bertemu dengan seorang kakek tua di tepi pantai. Kakek itu adalah seorang nelayan yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Larasati duduk di samping kakek itu dan mendengarkan cerita-cerita tentang laut yang diceritakannya.

Kakek itu menceritakan tentang kekayaan laut yang luar biasa, tentang berbagai jenis ikan dan biota laut yang hidup di dalamnya, dan tentang bahaya-bahaya yang ada di laut. Kakek itu juga menceritakan tentang legenda-legenda tentang laut yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

Larasati terpesona dengan cerita-cerita kakek itu. Dia semakin kagum dengan laut dan ingin mengetahui lebih banyak tentangnya. Sejak saat itu, Larasati sering mengunjungi kakek itu dan mendengarkan cerita-ceritanya.

Larasati tumbuh menjadi seorang gadis yang cerdas dan pemberani. Dia memiliki tekad yang kuat untuk mempelajari tentang laut. Dia ingin menjadi seorang peneliti kelautan dan menjelajahi seluruh Samudera Hindia.

Setelah lulus SMA, Larasati melanjutkan pendidikannya di jurusan Ilmu Kelautan di sebuah universitas ternama. Dia belajar dengan tekun dan selalu berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik. Dia juga aktif mengikuti berbagai kegiatan penelitian dan eksplorasi laut.

Setelah menyelesaikan studinya, Larasati bekerja di sebuah lembaga penelitian kelautan. Dia terlibat dalam berbagai proyek penelitian tentang laut, termasuk penelitian tentang keanekaragaman hayati laut, perubahan iklim laut, dan pencemaran laut.

Larasati juga sering mengikuti ekspedisi ke berbagai penjuru Samudera Hindia. Dia telah menjelajahi banyak tempat yang indah dan menakjubkan, seperti Kepulauan Maladewa, Kepulauan Seychelles, dan Kepulauan Komoro.

Dalam setiap perjalanannya, Larasati selalu kagum dengan keindahan dan keanekaragaman hayati laut. Dia juga melihat sendiri bagaimana laut sedang mengalami berbagai masalah, seperti pencemaran, overfishing, dan perubahan iklim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline