Lihat ke Halaman Asli

Marisa Aryani

www.basilicha.com

Minimnya Keramahan Pengemudi Grabbike

Diperbarui: 27 Maret 2018   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tangkapan layar pribadi

Di dalam sistem Grab, jika 3 kali driver menolak order masuk maka point mereka akan berkurang (koreksi jika saya salah). Itu sebabnya banyak pengemudi Grab (terutama Grabbike) yang 'asal' menerima order. Jika dirasa kurang sesuai dengan jarak, mereka meminta customer untuk cancel dengan berbagai alasan. Paling banyak alasan yang dimukakan adalah ban kempes.

Kasus yang tadi pagi 26 Maret 2018, abang Grabbike meminta saya untuk melakukan pembatalan perjalanan dengan alasan terlalu jauh untuk titik penjemputannya. Padahal estimasi waktu sampai rumah saya paling hanya 6 menit. Saya meminta untuk abangnya saja yang membatalkan karena saya tidak mau cancel. Saya abaikan aplikasi Grab dan kemudian berpaling ke Gojek.

Abang Gojek yang terima ordersaya berada di lokasi yang lebih jauh dari pengemudi Grabbike sebelumnya, dengan estimasi waktu 7 menit sampai di titik penjemputan. Dia dengan baik mau menjemput saya dan mengantarkan saya ke tujuan. Sekedar info, dari titik penjemputan ke tujuan saya jaraknya adalah 7 km dimana terhitung tidak terlalu jauh.

Lalu tiba-tiba masuklah whatsapp ini.

Namun, rasanya aku ingin membalas pesannya dengan : "Bang, lagi PMS ya?"

 Dan ini informasi si abang Grabbike. Plat kendaraan & nama sengaja saya blur untuk menjaga privasi si Abang. Dan saya juga tidak melaporkannya ke Grab agar pengemudi tidak dinonaktifkan oleh perusahaan tersebut.

tangkapan layar pribadi

Sering sekali saya memesan Grabbike dan pengemudi meminta saya untuk membatalkan pesanan. Maka, saya pun mulai menolak pengemudi Grabbike jika ia meminta untuk 'cancel'. Karena itu cukup merugikan, terutama dari sisi waktu dan efisiensi. Bukan hanya saya, sejak saya mengunggahnya di instastory, banyak dari teman yang bercerita akan ketidakramahan pengemudi Grabbike kepada customer.

Memang tidak semua pengemudi Grabbike minim sopan santun, tapi hal ini dapat mencoreng image pengemudi Grabbike. Ada juga kok dari mereka yang ramah kepada customer dan melayani dengan hati : )

#SekedarSharing

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline