Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Handphone Sebagai Kendali yang Berpengaruh Dalam Perubahan Perilaku Individu di Era Modern

Diperbarui: 24 Juni 2019   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Zaman dahulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan keluarga, saudara bahkan teman sekalipun harus menggunakan surat untuk berbicara secara tidak langsung bahkan melalui tukang pos untuk mengirim pesan kepada yang kita tuju hingga berhari- hari untuk sampai tujuan sesuai yang kita inginkan. Namun seiring berjalannya waktu lambat laun surat menyurat mulai tergerus dan tergantikan oleh kehadiran pager, pager sendiri merupakan sebuah alat komunikasi yang dibuat untuk menyampaikan pesan singkat dan kurang efektif akan tetapi tidak berlangsung lama dan teralihkan sejak kemunculan telepon. Perlu diketahui sebelum dirilisnya handphone canggih yang kita pegang setiap harinya sejarah tidak melupakan penemu telepon pertama kali yakni Antonio Meucci pada tahun 1849 yang pada saat itu telepon hanya dapat digunakan untuk berbicara saja dan hanya dimiliki oleh kalangan atas. (Wink,2015)

Zaman semakin modern dan terus berkembang hingga saat ini menjadi handphone yang canggih seperti sekarang, akan tetapi kehadiran handphone merubah sistem komunikasi dengan masyarakat yang pada awalnya dapat dilakukan dengan tatap muka dan bertemu langsung kini dapat berkomunikasi melalui videocall tanpa harus mengeluarkan biaya untuk datang sekedar berbicara. Cukup dengan membeli kuota atau pulsa internet sudah dapat berbicara tatap muka melalui handphone. Keberadaan smartphone saat ini tidak hanya dimiliki oleh kalangan atas bahkan kalangan manapun saja dapat membelinya. Kehadiran handphone saat ini sangat diperlukan bagi siapa saja sehingga setiap orang harus memiliki handphone sebagai alat komunikasi wajib yang harus dimiliki oleh siapa saja dan juga sebagai alat penunjang kebutuhan berinformasi bahkan dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam aktifitas setiap harinya.

Kecanggihan teknologi di era sekarang terutama handphone sendiri tidak hanya berfungsi untuk sekedar menelpon atau mengirim pesan saja akan tetapi menghadirkan berbagai aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan manusia seperti halnya terdapat aplikasi internet tanpa harus datang ke warnet untuk sekedar browsing, kamera yang dapat digunakan untuk berfoto dan membuat video tanpa harus menggunakan kamera DSLR, bahkan untuk urusan berbisnis pun mampu menggunakan handphone yang kita miliki sekarang dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang dibutuhkan oleh manusia sudah ada dalam handphone saat ini.

Kini di Indonesia sendiri bisa kita rasakan sejak lahirnya teknologi yang berkembang sangat pesat dari mulai daerah perkotaan hingga tersebar ke wilayah pedesaan sekalipun, sehingga bisa kita rasakan perbedaan yang mencolok dibandingkan zaman sebelumnya. Hal ini menyebabkan perubahan-perubahan yang sangat cepat pula yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Sehingga perlu adanya perubahan sosial tersebut tetap harus dibarengi dengan adanya keseimbangan antara manusia dengan teknologi yang sudah ada dengan menggunakan handphone sesuai kodratnya. Sebab jika tidak digunakan sesuai yang dibutuhkan akan menyebabkan berbagai persoalan yang merugikan diri sendiri. 

Sebagai contoh kasus yang dikutip dari Tribunnewsbogor.com terjadi seorang remaja yang berinisial MAAZ (16) di Kampung Gaing Baru Pedas, Rembau, Malaysia yang meninggal saat tidur ketika sedang menggunakan headset sehingga berdampak dari sengatan listrik yang tersambung dengan handphone dalam keadaan mengisi daya. 

Hal tersebut sangat disayangkan jika terjadi dalam kasus yang sama, sehingga perlu diwaspadai dalam menggunakan handpone sesuai kebutuhan, hal ini menandakan bahwa di zaman sekarang ini manusia tak lepas dari jangkauan handphone.
Perubahan sosial terjadi akibat adanya pembaharuan, kebutuhan dan bahkan trend sekalipun mempengaruhi perubahan perilaku setiap orang. 

Seiring dengan adanya perubahan perilaku salah satunya yang berdampingan dengan diri kita yakni handpone sendiri memiliki perbedaan perilaku yang sangat drastis ketika sebelum dan sesudah adanya handphone contonya sebelum mengenal adanya handphone orang-orang ketika hendak makan mendahulukan berdoa terlebih dahulu, setiap orang setiap berjalan tegak dan memperhatikan lingkungan sekitar, ketika sedang berada di rumah makan atau tempat nongkrong mendahulukan memesan sesuatu terlebih dahulu lalu bercengkrama dengan teman, dan juga saling menyapa satu sama lain di tempat umum dengan orang-orang sekitar dan kini menjadi suatu peristiwa yang berbalik dari yang sebelumnya semenjak adanya handphone yakni manusia justru memotret makanannya terlebih dahulu dengan diunggah di media sosial untuk menandakan kalau sedang makan, setiap orang juga berjalanan menunduk melihat sambil memainkan handpone dijalan dengan mengabaikan keselamatan dan lingkungan sekitarnya, ada pula orang-orang yang datang ke tempat tongkrongan untuk mencari koneksi wifi dan kemudian baru memesan di tempat tersebut.

Dan dari peristiwa diatas kita sebagai generasi yang cerdas mampu menggunakan handphone sesuai dengan butuhkan dan tidak menggunakan untuk sesuatu yang berdampak negatif dikemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline