Lihat ke Halaman Asli

Ariq Ilham

Rookie Writer

Indonesia vs Vietnam, Menang atau Pulang?

Diperbarui: 18 Januari 2024   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selebrasi pemain Indonesia setelah Marselino behasil mencetak gol ke gawang Irak, 15/1/2024. Foto: PSSI

Pertandingan kedua fase grup Piala Asia 2023 melawan Vietnam akan sangat menentukan bagi Timnas Indonesia. Jika menang, asa pasukan Garuda untuk lolos ke babak 16 besar akan terbuka. Namun jika imbang atau bahkan kalah, skuat Garuda akan pulang ke tanah air lebih awal.

Timnas Indonesia akan melakoni laga kedua grup D Piala Asia 2023 menghadapi raksasa Asia Tenggara, Vietnam pada Jumat 19/1/2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar.

Ini menjadi pertandingan yang sangat penting bagi Shin Tae-yong dan anak asuhnya, pasalnya hasil di pertandingan ini akan menentukan kelanjutan langkah Tim Garuda di pentas Piala Asia.

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia menargetkan timnya lolos ke babak 16 besar dengan koleksi minimal 4 poin. 4 poin tersebut didapat melalui hasil imbang melawan Irak, dan kemenangan melawan Vietnam. Melawan Jepang, Indonesia butuh keajaiban.

Namun target 1 poin kala bersua Irak gagal didapat setelah pasukan Garuda kalah dengan skor 1-3 dari pasukan Singa Mesopotamia.

Untuk itu kemenangan melawan Vietnam menjadi harga mati bagi Indonesia bila ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Menghadapi The Golden Star Warriors tentu tidak akan mudah. Vietnam adalah tim terbaik ASEAN yang saat ini menempati peringkat 94 dunia. 

Terakhir kali pasukan Garuda berhasil menang atas Vietnam adalah di semifinal Piala AFF 2016, dan sejak saat itu Indonesia tidak pernah menang atas Vietnam.

Di tangan pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sudah bertemu dengan Vietnam sebanyak 4 kali. Dari keempat pertemuan tersebut Indonesia tidak pernah menang, 2 kali kalah dan 2 hasil imbang.

Tidak hanya gagal meraih kemenangan, Timnas Indonesia di tangan pelatih Shin Tae-yong juga tidak pernah berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam yang kala itu dilatih oleh Park Hang-seo. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline