Lihat ke Halaman Asli

Ariq Ilham

Rookie Writer

Berapa Persen Peluang Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia?

Diperbarui: 11 Januari 2024   12:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol ke gawang Libya pada laga uji coba (5/1/2024). Foto: PSSI

Piala Asia sudah di depan mata. Pertandingan pembuka akan dilaksanakan pada Jumat, 12/1/2024 malam, yang mempertemukan tuan rumah Qatar dengan Lebanon di Lusail Stadium.

Timnas Indonesia sendiri baru akan bertanding pada Senin, 15/1/2024 pukul 21.30 WIB, menghadapi Irak di Ahmad bin Ali Stadium. Kemudian pada tanggal 19 Indonesia akan berjumpa Vietnam, dan pada tanggal 24 Indonesia akan berjumpa Jepang.

Tergabung di grup D bersama pemilik gelar juara Piala Asia yaitu Jepang dan Qatar, serta tim terbaik di Asia Tenggara yakni Vietnam, membuat langkah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 ini sangatlah berat.

Meski begitu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menargetkan timnya lolos ke babak 16 besar kendati harus berhadapan dengan tim-tim yang kualitasnya lebih baik.

Sekadar info, di Piala Asia ini terdapat 24 tim peserta yang dibagi ke dalam 6 grup yang masing-masing berisi 4 tim/negara. Juara dan runner up grup otomatis akan lolos ke babak 16 besar, kemudian untuk peringkat tiga akan diambil 4 terbaik untuk melengkapi kuota babak 16 besar.

Itu artinya, tim yang berada di peringkat tiga klasemen akhir grup masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Lalu, bagaimana peluang Timnas Indonesia, berapa persenkah peluang pasukan Garuda lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023?

Secara matematis, Indonesia menjadi tim dengan peluang terkecil di grup D untuk lolos ke babak 16 besar. Opta, salah satu perusahaan statistik olahraga memberikan peluang sebesar 38.3% kepada Indonesia. Peluang terbesar dimiliki Jepang dengan 97.2%, disusul Irak dengan 74.9%, kemudian Vietnam dengan 51.4%.

Opta juga memprediksi bahwa Indonesia berpeluang besar menjadi juru kunci grup D dengan persentase peluang 47.5%, peluang menenpati peringkat tiga sebesar 31.5%, peluang menjadi runner up sebesar 17.1%, dan peluang menjadi juara grup hanya 3.9%.

Ini artinya, secara matematis Timnas Indonesia kalah saing dengan lawan-lawannya di grup D. Opta menilai Indonesia hanya memiliki peluang sebesar 38.3% untuk melaju ke babak 16 besar dan hanya memiliki peluang 0.2% untuk menjadi juara.

Namun, bola itu bundar, apa yang tertulis di atas kertas bisa berbeda ketika sudah berada di atas lapangan. Di atas lapangan, kondisi bisa berubah, dan apapun bisa terjadi. Artinya masih sangat mungkin bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar, asalkan mereka bisa menampilkan permainan yang bagus dan memberikan perlawanan yang sengit kepada lawan-lawannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline