Lihat ke Halaman Asli

Ariq Ilham

Rookie Writer

Rekor Baru, 17 Film Indonesia Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2023

Diperbarui: 21 Desember 2023   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster film Indonesia yang tembus 1 juta penonton (Miles Film, MD Pictures, Beehave Pictures)

Tahun 2023 bisa dibilang sebagai tahun terbaik bagi perfilman Indonesia. Pada tahun ini rekor baru tercipta, yakni ada 17 judul film Indonesia yang tayang di bioskop yang berhasil tembus 1 juta plus penonton.

Sebelumnya, rekor dipegang oleh tahun 2019 yakni dengan 15 judul film yang menembus angka 1 juta penonton. 

Di tahun 2020 dan 2021, akibat pandemi Covid 19 tidak banyak film Indonesia yang tembus 1 juta penonton, dan di periode tersebut banyak PH yang memilih merilis filmnya di platform streaming karena bioskop ditutup.

Kemudian di tahun 2022 setelah pandemi mereda dan bioskop kembali dibuka, jumlah penonton film bioskop kembali melonjak. Total ada 14 judul film Indonesia yang tembus 1 juta penonton di tahun 2022, salah satunya memecahkan rekor sebagai film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang masa, atas nama KKN di Desa Penari dengan 10 juta penonton. 

Dan puncaknya di tahun 2023 terdapat 17 judul film Indonesia yang berhasil menyentuh angka 1 juta penonton, dan 7 diantaranya berhasil tembus 2 juta penonton. 

Kehadiran media sosial turut membantu meningkatkan jumlah penonton film Indonesia di bioskop. Promosi bisa dilakukan dengan mudah melalui Youtube, Instagram, TikTok, maupun X . Dan juga banyak sekali content creator dan content writer yang membuat review film. Banyak juga film yang diangkat dari cerita atau thread yang viral di media sosial terutama X, sehingga ketika film tersebut tayang, orang-orang yang membaca atau tau tentang ceritanya akan datang menonton filmnya.

Tak hanya itu, meningkatnya kualitas film Indonesia juga mendorong meningkatnya minat penonton untuk menonton film Indonesia.

Film bergenre horor nampaknya masih menjadi favorit penonton Indonesia. Film yang banyak dirilis dan juga banyak mendapatkan penonton masih didominasi film bergenre horor. Di tahun ini, dari 17 film yang tembus 1 juta penonton, 12 diantaranya adalah film bergenre horor.

Bahkan, film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak di tahun 2023 adalah film horor, yaitu Sewu Dino yang mendapatkan 4.891.609 penonton.

Berikut adalah 17 film Indonesia di tahun 2023 yang tembus 1 juta penonton:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline