Lihat ke Halaman Asli

Abi Wihan

Teacher

Inspirasi untuk Pejuang Penelitian

Diperbarui: 9 Desember 2024   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi 

Inspirasi untuk Pejuang Penelitian

Oleh: Abi Wihan 

Setiap mahasiswa pasti akan tiba pada momen di mana mereka harus menyelesaikan penelitian, baik dalam bentuk skripsi maupun tesis. Meskipun penuh dengan tantangan, pengalaman ini adalah salah satu fase paling berharga dalam perjalanan akademik. Saya ingin berbagi cerita tentang perjalanan saya menyusun tesis dengan harapan dapat menginspirasi Anda yang sedang menjalani proses serupa.

Menjalani masa studi di Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjadi pengalaman yang sangat berharga. Salah satu momen yang paling menantang sekaligus membanggakan adalah saat saya melakukan penelitian tesis yang berjudul Efektivitas Manajemen Program Sekolah Penggerak: Studi di SMP Negeri 7 Langsa Tahun 2023-2024.

Latar Belakang Penelitian

Penelitian yang saya lakukan ini berangkat dari dorongan untuk memahami lebih dalam efektivitas implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP) yang menjadi salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan prestasi belajar siswa melalui pendekatan holistik yang berlandaskan pada implementasi Profil Pelajar Pancasila.

Fokus utama penelitian adalah bagaimana manajemen program sekolah penggerak diterapkan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di SMP Negeri 7 Langsa. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa PSP tidak hanya menghasilkan pencapaian kognitif, seperti literasi dan numerasi, tetapi juga nonkognitif, seperti pembentukan karakter siswa.

Metode Penelitian

Sebagai mahasiswa pascasarjana, saya memilih model evaluasi Countenance Stake sebagai kerangka analisis utama. Model ini memiliki tiga komponen utama, yaitu antecedent (masukan), transaction (proses), dan outcome (hasil). Metode ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana program direncanakan, diimplementasikan, dan apa hasil akhirnya.

Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Pendekatan ini memungkinkan saya untuk mendapatkan informasi yang kaya dan mendalam tentang pelaksanaan PSP di SMP Negeri 7 Langsa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline