Lihat ke Halaman Asli

Abi Wihan

Teacher

Capaian Pembelajaran

Diperbarui: 12 September 2023   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Canva 

Capaian pembelajaran adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran disusun untuk setiap mata pelajaran. Capaian pembelajaran merupakan hasil peleburan dari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dirancang untuk menguatkan fokus pembelajaran terhadap kemampuan yang harus dikuasai peserta didik. Capaian pembelajaran membawa perubahan dalam pendekatan pembelajaran di kelas dari yang berfokus kepada guru menjadi fokus kepada peserta didik. Capaian pembelajaran harus dituangkan dalam alur dan tujuan pembelajaran. Strategi yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran ialah mengurangi cakupan materi dan mengubah tata cara penyusunan yang lebih fleksibel. Capaian pembelajaran tercantum pada struktur kurikulum merdeka yang merupakan pengorganisasian atas capaian pembelajaran, muatan pembelajaran, dan beban belajar. Sebelum merencanakan pembelajaran dan asesmen, guru harus memahami Capaian Pembelajaran (CP), merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), dan menyusun ATP terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengintegrasikan capaian pembelajaran dalam proses pembelajaran sehari-hari:

  •  Memahami capaian pembelajaran

Guru harus memahami capaian pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan fase perkembangan siswa. Hal ini akan membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa.

  • Merumuskan tujuan pembelajaran

Setelah memahami capaian pembelajaran, guru harus merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

  • Menyusun rencana pembelajaran

Guru menyusun rencana pembelajaran harus sesuai dengan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Rencana pembelajaran yang dibuat mencakup materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

  • Menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai

Guru harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan antara lain pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis proyek.

  • Menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

Guru dapat menggunakan teknologi dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai capaian pembelajaran. Teknologi yang dapat digunakan antara lain media pembelajaran interaktif, aplikasi pembelajaran, dan platform pembelajaran online.

  • Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran

Guru dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan sikap yang positif dan nilai-nilai yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab dalam pembelajaran.

Dengan mengintegrasikan capaian pembelajaran dalam proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline