Lihat ke Halaman Asli

Mariono Abu Al Fayyadh

SD Negeri Lung Manyo_Aceh Tamiang

Pendampingan Individu Pendidikan Guru Penggerak

Diperbarui: 12 Oktober 2022   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Private Document With Canva

Tujuan 

Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:

  • mengembangkan  diri sendiri dan juga guru  lain  dengan cara melakukan refleksi,  berbagi,  dan kolaborasi;
  • memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik;
  • merencanakan,  menjalankan, merefleksikan, dan  mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua

Jadwal

Proses pendampingan individu akan berlangsung satu bulan sekali sepanjang proses Pendidikan Guru Penggerak. Dalam setiap bulannya, Pengajar Praktik akan mengunjungi sekolah Calon Guru Penggerak selama kurang lebih 4 jam pelajaran untuk mengamati kegiatan pembelajaran dan perubahan yang terjadi di sekolah sebagai implementasi pembelajaran daring dan lokakarya serta mengajak mereka merefleksikan prosesnya. 

Fokus Pendampingan

PI-1: Refleksi awal kompetensi guru penggerak

  • Diskusi tantangan belajar daring
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak

PI-2: Perubahan paradigma pemimpin pembelajaran

  • Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah 
  • Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
  • Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
  • Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP

PI-3: Implementasi Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

  • Refleksi hasil survei (feedback 360) + penilaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak
  • Diskusi rencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional
  • Diskusi hasil lokakarya 2 (keterlaksanaan dari tahapan BAGJA)

PI-4: Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran

  • Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional 
  • Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran. 


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline