Lihat ke Halaman Asli

Mario Amarya

Freelance

Euro 2024: Swiss & Jerman Lolos Ke Babak 16 Besar

Diperbarui: 24 Juni 2024   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Swiss & Jerman bermain imbang 1-1 di laga terakhir fase grup. Sumber: getty images (picture alliance)

Uefa Euro 2024 mulai memasuki laga terakhir fase grup. Dan dini hari tadi, tuan rumah Jerman yang sudah dipastikan lolos bermain imbang dengan Swiss 1-1 pada laga pamungkas grup A. Meski berakhir imbang, Swiss tetap lolos dan berhak mendampingi Jerman di babak 1 besar sebagai runner-up grup dengan raihan 5 poin. Sementara tuan rumah berstatus sebagai juara grup dengan raihan 7 poin.

Jalannya pertandingan

Niclas Fullkrug yang mencetak gol penyama kedudukan untuk Jerman di menit-menit akhir. Sumber: getty images (picture alliance)

Jerman yang sudah lolos terlebih dahulu di babak 1 besar saat menang atas Hungaria 5 hari yang lalu, tetap memainkan skuad intinya dengan Manuel Neuer yang masih menjadi kiper andalan. Sementara itu Swiss yang di laga kedua bermain imbang melawan Skotlandia berusaha untuk mengincar kemenangan agar bisa menjadi juara grup. Dan benar saja, dari awal pertandingan berjalan, Swiss lebih banyak melakukan serangan demi serangan daripada Jerman yang bermain sedikit santai dan mengendurkan serangan. Peluang demi peluang didapatkan oleh beberapa pemain Swiss, namun dapat digagalkan oleh Manuel Neuer yang selalu tampil gemilang meski usianya sudah 38 tahun. Serangan beruntun Swiss akhirnya berbuah gol di menit 28 melalui Ndoye. Ndoye yang lepas dari kawalan langsung menyambar umpan bola liar. Manuel Neuer tidak mampu menepis peluang tersebut karena tendangan Ndoye yang begitu cepat. Jerman sebenarnya bereaksi dengan melancarkan beberapa peluang, namun Yann Sommer tampil heroik dengan menyelamatkan beberapa peluang Jerman. Sebenarnya Jerman mampu mencetak gol penyeimbang di babak pertama, namun dianulir VAR karena terlebih dahulu ada pelanggaran sebelum gol terjadi. Skor 1-0 untuk Swiss bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua pasukan asuhan Murat Yakin tetap tampil menyerang dan berusaha untuk menambah gol. Sementara itu Jerman juga mulai untuk tampil agresif dan berusaha menyamakan kedudukan agar menjadi juara grup A. Di babak kedua ini laga berjalan sanga seru, karen baik Swiss maupun Jerman saling bergantian jual beli serangan. Swiss sebenarnya berhasil mencetak gol kedua, namun sayang gol tersebut dianulir VAR karena offside. Keasyikan menyerang, Swiss akhirnya kebobolan di menit akhir ketika sebuah tendangan bebas dari Rudiger mampu dimanfaatkan oleh Fullkrug yang menyundul bola tersebut hingga berbuah gol. Yann Sommer hanya bisa terpana dengan gol tersebut. Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua usai. Hasil ini membuat Swiss menjadi runnerup grup A dan Jerman berhasil menjadi juara grup A. Keduanya lolos ke babak 16 besar dan akan bermain tanggal 29 Juni menunggu lawan mereka masing-masing.

Sungguh pertandingan yang sangat menarik dan berkelas. Semoga di babak 1 besar Swiss bisa memberikan kejutan besar dan bisa melaju lebih jauh lagi. Dan semoga Jerman bisa tampil konsisten di hadapan publik sendiri agar bisa lolos lebih jauh lagi hingga ke final. Salam olahraga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline