Lihat ke Halaman Asli

Mario Amarya

Freelance

Guardiola & Messi: Tetap Mengukir Prestasi Walau Sudah Tidak Bersama Lagi

Diperbarui: 16 Januari 2024   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Messi Dan Guardiola saat masih berada di Barcelona. Sumber: getty images (JAVIER SORIANO)

Jika mendengar kata FC Barcelona, mungkin fans fanatik Barcelona masih belum move on dari dua sosok yang tidak akan pernah dilupakan oleh mereka: Lionel Messi dan Pep Guardiola. 

Dua sosok ini sangatlah penting dan berharga bagi FC Barcelona di era kejayaan El Barca di tahun 2008-2012, dimana kombinasi Guardiola sebagai pelatih dan Messi sebagai pemain memperoleh banyak gelar bagi Barcelona baik di liga domestik dan luar domestik. 

Dan gelar yang tidak akan pernah terlupakan adalah saat meenjuarai Liga Champions musim 2008-09 dan musim 2010-11, serta momen raihan 6 gelar (sextuple) yang diraih El Barca ketika Guardila baru semusim menjadi pelatih di musim 2008-09. 

Namun, kisah hubungan harmonis antara Messi dan Guardiola berakhir ketika Guardiola hengkang dari Barcelona di tahun 2012 dan Guardiola menjadi pelatih Bayer Munchen selama 3 musim sebelum kemudian menjadi pelatih Manchester City.

Lionel Messi dan Pep Guardiola seakan tak pernah bertemu lagi, terlebih ketika Messi hengkang dari Barcelona di tahun 2021 untuk memperkuat PSG dan kemudian di tahun 2023 pindah ke Amerika Serikat untuk bergabung dengan Inter Miami di MLS. 

Walaupun mereka berdua sudah tidak 'bersama' dan jarang bertemu lagi, namun Messi dan Guardila tetap mengukir prestasi setiap tahunnya. Dan baru-baru ini, di tahun 2024, mereka berdua sama-sama mendapatkan penghargaan dari FIFA dalam penghargaan The Best FIFA Football Awards 2023 hari Senin, 15 Januari 2024 waktu setempat. 

Messi mendapatkan penghargaan sebagai Pemain terbaik, sedangkan Guardiola mendapatkan penghargaan sebagai pelatih terbaik. Sungguh penghargaan yang memang sangat layak bagi mereka berdua.

Penghargaan Best Men's Player ketiga bagi Lionel Messi

Messi mendapatkan penghargaan The Best FIFA Men's Player 2023, meski sempat tidak hadir. Sumber: getty images (Joe Maher).

Messi mendapatkan penghargaan The Best FIFA Football Awards 2023 sebagai The Best Men's Player untuk ketiga kalinya, mengalahkan Kylian Mbappe dan Erling Haaland. 

Sebellumnya, di Ballon D'Or 2023 lalu, Messi juga mengalahkan Mbappe dan Haaland. Meski di penghargaan ini Messi tidak hadir, namun Messi tetap meraih penghargaan tersebut karena mendapatkan poin 52. Dan memang sangat layak bagi Messi mendapatkan penghargaan tersebut, karena prestasinya bersama dengan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 lalu dan juga selama pertandingan ujicoba dan kualifikasi di tahun 2023, dan juga prestasinya bersama klubnya saat ini, Inter Miami. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline