Lihat ke Halaman Asli

Mario Amarya

Freelance

Merayakan Natal bersama Keluarga Besar di Efrata Hill

Diperbarui: 28 Desember 2023   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi.

Bagi sebagian orang, keluarga adalah yang paling utama dan paling penting dalam kehidupan. Termasuk saya. Saya sangat menyukai dan senantiasa selalu mendambakan perteuan keluarga besar tiap tahunnya, khususnya saat bulan Desember atau momen saat Natal. Nah, keluarga besar saya selalu mengadakan pertemuan dan perayaan Natal di tiap tahunnya. Dan itu rutin dimulai sejak tahun 2012, atas wejangan yang disampaikan oleh almarhum nenek tercinta kami yang berpulang di tahun 2012 tersebut. 

Meamng sebelum-sebelumnya saat Natal tiba, keluarga besar kami hanya berkumpul dan bertemu saja tanpa mengadakan perayaan Natal bersama. Kami hanya bercanda tawa, mengunjungi sanak saudara, dan makan-makan bersama. Tapi di tahun 2012, keluarga besar kami mulai mengusulkan untuk mengadakan perteuman dan perayaan Natal bersama. 

Dan pertemuan tersebut diadakan sesuai dengan urutan nomor akak beradik di keluarga kami. Di keluarga dari pihak ibu ada 7 bersaudara, Dan di tahun 2012 yang mendapat giliran pertama tentu saja adalah dari keluarga besar anak pertama. Begitu seterusnya dan urut hingga sampai ke keluaga besar dari anak bungsu, yaitu nomor 7 di tahun 2018. Di tahun 2019 persekutuan rehat sejenak dan diganti dengan piknik bersama, hingga rehtat total di tahun 2020 & 2021 karena Pandemi Covid-19. Barulah di tahun 2022 di periode ke 2 dimulai lagi dan kembali di urutan keluarga besar dari anak yang pertama. Dan kegiatan tahun 2022 lalu bertempat di Joglo Mudal Homestay, Wonosobo.

Natal 2022 di Joglo Mudal Homestay, Wonosobo. Dokumentasi Pribadi.

Dan di tahun ini, giliran dari keluarga besar anak nomor 2 yang tinggal di Klaseman, Grogol, Salatiga. Jika 10 tahun yang lalu, tepatnya 2013 diselanggarakan di Kopeng, kali ini di tahun 2023 diselenggarakan di Efrata Hill, Ungaran Barat. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, Efrata Hill lokasinya berada di Ungaran Barat dan berada di paling ujung serta harus 'blusukan' dari desa ke desa. Namun, tempat serta lokasinya memang sangat cocok sekali untuk mengadakan pertemuan keluarga besar. Dan di Efrata Hill inilah kami saling bertemu dan melepaskan rindu karena sudah lama tidak berjumpa dengan sanak saudara, terlebih yang tinggal di Tangerang dan juga Wonosobo. Walaupun ada beberapa yang tidak bisa hadir karena kesibukan masing-masing, namn situasi dan suasana tetap sukacita dan aman. Saat tiba disana pukul 14.00, kami langsung memilih kamar masing-masing dan setelah itu kami bercengkerama serta ngobrol bareng. Ada pula yang beristirahat dan tidur sejena karena kelelahan setelah malukan aktivitas-aktivitas di gereja hari Senin tanggal 25 Desember yang lalu. Ada juga yang membakar sate Babi dan memasak olahan daging lainnya di dapur mini atau di bagian luar villa. Kegiatan persekutuan dan perayaan Natal digelar pukul 19.30. Sebelum itu, kami pukul 18.30 berkumpul di ruang makan untuk makan malam bersama. Barulah setelah selesai makan, kami semua menuju ke aula pertemuan untuk acara keluarga. Pembawa acaranya adalah sepupu saya dari anak nomor 3, yang kebetulan sudah piawai dalam membawakan acara-acara besar. Acara dimulai dengan doa pembukaan, sambutan-sambutan, nyanyi-nyanyi bersama, dan sharing bersama. Kegiatan ini berlangsung dalam suasana haru dan senang, haru karena mendengar sharing yang sangat menyentuh, senang akrena bisa kembali bersekutu dan brkumpul bersama keluarga besar. Dan di perayaan Natal ini juga spesial, karena ada beberapa sanak saudara yang berulangtahun di bulan Desember. Seperti biasa, yang berulang tahun akan meniup lilin serta juga akan membagikan kue ultahnya. Acara ini berlangsung sekitar 2, 5 jam dan sangat seru, menarik, dan bermakna. Setelah acara selesai, ada yang ingin segera tidur di kamar masing-masing, ada pula yang masih ingin mengobrol bersama dan membicarakan untuk kegiatan esok hari.

Foto saat acara dimulai. Dokumentasi Pribadi

Saat makan bersama. Dokumentasi Pribadi.

Keesokan harinya, acaranya adalah bebas. Tapi khusus untuk para orangtua baik yang keluarga tua dan muda berkumpul di aula untuk membahas agenda ke depan, termasuk agenda Natal di tahun 2024 nanti. Sementara saya dan sepupu lainnya melakukan kegiatan masing-masing. Saya tidur siang sejenak, dan yang lain ada yang berjalan-jalan di sekitar villa, ada yang bermain kartu, ada yang bermain di taman bermain. Setelah semua beres dan selesai, jam 12.00 kami Chekc-Out dari villa dan makan siang terlebih dahulu. Setelah makan siang, kami berfoto bersama di di depan villa Efrata Hill. Dan setelah foto bersama, momen yang tidak diharapkan terjadi, yaitu: perpisahan. Kami berpisah dan kembali ke rumah masing-masing, termasuk saudara saya yang berada di Tangerang. Mereka harus pulang kembali ke Tangerang, karena kesibukan masing-masing dan tanggal 29 nanti Pakde saya akan pergi ke Makassar. Sedih sih karena harus berpisah, namun ya memang pertemuan itu juga harus ada perpisahan. Walaupun begitu, keakraban akan terus terjalin dan kami akan bertemu lagi di tahun 2024. 

7 bersaudara beserta pasangannya. Dokumentasi Pribadi.

Dokumentasi Pribadi.

Keuarga itu penting dan utama. Sesibuk apapun kalian dan seketat apapun kegiatan kalian, jangan sampai melupakan keluarga. Luangkanlah waktu bersama denagn keluarga, karean keluarga adalah tempat untuk berbagi cerita dan kebahagiaan bersama. Terutama di momen Natal ini, sediakanlah waktu berkumpul dan bercanda bersama dengan keluarga besar. Tanpa keluarga, kita bukan apa-apa. Walaupun mungkin ada satu atau dua anggota keluarga yang menyebalkan, mereka tetap keluarga. Yang terpenting adalah, bagaimana kita menyikapinya dan tentunya tetap harus saling mengasihi dan menyayangi. Ada pertemuan, dan ada perpisaan dalam setiap reuni keluarga besar. Haruslah terbiasa akan hal tersebut. Selamat menikmati liburan bersama keluarga besar dan semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline