Lihat ke Halaman Asli

Mario Amarya

Freelance

4 Turnamen Sepak Bola antar Negara yang Diselenggarakan di Tahun 2024

Diperbarui: 5 Desember 2023   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

4 kompetisi antar negara yang akan digelar di tahun 2024. Sumber: getty images, Footy Headlines, FIFPlay, The Star, & Photojoiner.

Kompetisi sepakbola antar negara memang yang paling ditunggu setiap tahunnya dan selalu menghadirkan atmosfer yang meriah. Ada Piala Dunia, Piala Afrika, hingga Piala Eropa pun membuat hegemoni suporter sepakbola dunia bergejolak dan sangat antusias menunggu. 

Nah, di tahun 2024 nanti akan ada 4 kompetisi antar negara dari 4 benua yang akan digelar. Tentunya ini adalah pertama kalinya 4 turnamen antar negara di 4 benua tersebut diselenggarakan di tahun yang sama. 

Dan pastinya para penggemar sepakbola di seluruh dunia juga akan terasa puas menonton timnas kesayangannya berlaga. Berikut ini 4 kompetisi sepakbola antar negara yang digelar di tahun 2024.

1. Piala Asia 2023 (Qatar 2024)

Logo Piala Asia 2023 yang diselenggarakan Januari 2024 di Qatar. Sumber: FIFPlay.

Sebenarnya dan seharusnya, Piala Asia bergulir di tahun ini dengan yang menjadi tuan rumah adalah China. Namun karena alasan pandemi Covid-19 yang masih mewabah dan alasan teknis lainnya, maka China mengundurkan diri sebagai tuan rumah dan digantikan oleh Qatar. 

Dan dengan demikian, tahun digelarnya Piala Asia juga harus mundur, yaitu akan dilaksanakan tahun 2024, pada tanggal 12 Januari hingga 10 Februari.

Terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 sangatlah unik dan menarik, setelah negara ini sukses menggelar Piala Dunia 2022 lalu. Dan tak hanya Piala Asia senior saja, Qatar juga akan menjadi tuan rumah Piala Asia U-23. 

Dan di ajang Piala Asia 2023 ini juga akan menjadi pembuktian bagi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong untuk menampilkan yang terbaik, meskipun di Grup D mereka satu grup dengan Jepang, Iraq, dan Vietnam. 

Dan ini memang berat, mengingat Jepang yang sudah mulai bangkit dengan beberapa kali mememangkan pertandingan di laga uji coba melawan timnas yang hebat seperti Brazil dan Turki, dan juga mereka memiliki pemain-pemain yang berbahaya seperti Kaoru Mitoma. 

Namun, bukan hal yang mustahil jika timnas Indonesia bermain lebih hati-hati dan siap memberikan kejutan dan kemampuan terbaiknya di Piala Asia 2023 ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline